Pegadaian Laporkan Pelaku Fraud di Kulonprogo

user
Danar W 26 September 2022, 19:22 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - PT Pegadaian mengambil langkah tegas dengan melaporkan terduga pelaku fraud UPC Brosot, Kulon Progo berinisial YFH. Yang bersangkutan diduga melakukan fraud dengan modus menggadaikan barang palsu, mengambil pinjaman tinggi melebihi nilai jaminan serta modus lain sehingga berpotensi merugikan perusahaan senilai Rp.4,9 miliar.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono membenarkan rilis yang disampaikan oleh Kejari Kulon Progo. Ia menegaskan bahwa terbongkarnya kasus tersebut merupakan inisiatif dari perusahaan yang melaporkan oknum karyawan pelaku fraud kepada penegak hukum.

“Kami sangat mendukung program Kementerian BUMN melakukan bersih-bersih terhadap oknum karyawan yang tidak amanah dan mencederai implementasi budaya AKHLAK di Perusahaan BUMN maupun Perusahaan Anak. Sikap tegas ini penting agar masyarakat tetap percaya bahwa Pegadaian konsisten menjunjung tinggi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, utamanya prinsip keadilan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” jelas Yudi.

Lebih lanjut Yudi mengatakan dalam kasus tersebut tidak ada kerugian nasabah. Oleh karena itu ia menghimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir untuk terus bertransaksi dengan Pegadaian. Ia menyampaikan bahwa selain mempertanggungkan perbuatan secara hukum, pelaku juga mendapatkan sanksi disiplin dari perusahaan.

“Kami berharap langkah hukum ini menimbulkan efek jera bagi pelaku sekaligus peringatan bagi karyawan lain yang berfikir untuk melakukan tindak kejahatan. Perusahaan tidak main-main terhadap karyawan yang berbuat salah. Sebaliknya Perusahaan konsisten memberikan penghargaan kepada karyawan yang memberikan kontribusi terbaik bagi Perusahaan”.

Beberapa waktu lalu PT Pegadaian menggelar acara Pegadaian Excellence Awards (PEA 2022). Penghargaan tersebut diberikan kepada karyawan yang memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. Berikut kategori yang diberikan dalam PEA 2022 : Best Services, Best Business Performance, Best Innovation, Best Sales Force, Best Frontliner, Best Supporting, Best Culture, Best Inspiring dan Best Regional Office of The Year. (Cha)

Kredit

Bagikan