Deretan Wisata Jogja yang Murah dan Instagramable, Langsung Gas Saat Liburan

user
Tomi Sujatmiko 27 September 2022, 10:42 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Saat memilih untuk mengisi waktu liburan bersama dengan keluarga, maka Yogyakarta merupakan tempat yang cocok. Jogja adalah satu diantara puluhan kota yang memiliki destinasi wisata menarik.

Selain itu, banyak tempat wisata jogja murah yang sayang jika dilewatkan. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan serta wisata alam dengan panorama indah sejauh mata memandang.

Tempat wisata Jogja murah dan instagramable memadukan pesona alam yang indah serta beragam tempat-tempat unik yang kekinian, membuat pengunjung ketagihan untuk terus menikmati wisata di Jogja. Tempat yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung adalah Malioboro, Tugu Jogja, Titik nol kilometer serta bentangan pantai yang ada di Jogja.

Tempat wisata Jogja murah dan instagramable ini sangat populer, serta memiliki sejuta spot foto menarik dan unik, yang bisa mempercantik Feed Instagram. Tidak heran jika tempat wisata di Jogja selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, khususnya kaum milenial yang suka foto-foto cantik dan estetik. Selain itu, biaya masuk tempat wisata yang murah semakin menjadi daya tarik wisata di Yogyakarta.

Berikut ini tempat wisata Jogja murah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber

1. Teras Malioboro

Tempat wisata Jogja murah serta wajib dikunjungi adalah Teras Malioboro yang terbilang masih sangat baru. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat banyak sekali pedagang kaki lima yang dulunya berjualan di pinggir jalan Malioboro. Teras Malioboro sendiri memiliki dua lokasi yang bisa dikunjungi, Teras Malioboro 1 berlokasi di Gedung Eks Bioskop Indra, tepat berada di seberang Pasar Beringharjo. Sementara itu, Teras Malioboro 2 bertempat di eks Gedung Kantor Dinas Pariwisata DIY, tepatnya di sebelah utara Kantor DPRD DIY.

2. Kraton Yogyakarta

Tempat wisata Jogja murah serta wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Keraton Yogyakarta. Tempat ini merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, serta menjadi salah satu simbol kejayaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Saat berkunjung, Anda akan melihat kompleks keraton yang memiliki banyak museum, serta tersedia berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Tempat ini juga menjadi rekomendasi liburan keluarga yang sarat edukasi juga budaya.

 

3. Museum Benteng Vredeburg

Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan mereka dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Akan tetapi sekarang Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum yang terdapat 4 diorama sejarah Indonesia khususnya Yogyakarta, minirama, media interaktif, ruang audiovisual, hingga beberapa benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

4. Pasar Beringharjo

Tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Pasar Beringharjo. Tempat wisata ini juga dekat dengan Malioboro dan tidak pernah sepi pengunjung. Pasar Beringharjo paling terkenal dengan kulakan atau belanja batik. Tak hanya itu, tempat ini juga tersedia berbagai macam kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, jamu, sampai souvenir pernikahan. Harga produk yang dijual juga murah-murah, apalagi kalau pembeli jeli menawar. Tetapi tetap waspada dengan dompet. Jangan sampai kecolongan gara-gara kelewat fokus belanja. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba berbagai kuliner khas Yogyakarta.

5. Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Tempat wisata Jogja ini dulunya adalah sebuah lokasi pesanggrahan dan pemandian raja. Pesanggrahan yang dibangun era HB II, serta memiliki banyak sekali ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta. Namun sekarang, tempat ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

HALAMAN

Kredit

Bagikan