Tim Pengabmas Unimus Ajari Literasi Digital Guru-guru SD

user
Agusigit 27 September 2022, 02:27 WIB
untitled

SEMARANG – Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak pandemi Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghimbau untuk penyelenggaraan pembelajaran dilakukan secara online atau digital. Oleh karenanya setiap pendidik harus memiliki ketrampilan dan kecakapan perihal literasi digital tidak terkecuali guru ditingkat SD/MI, untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran. 
 
Berangkat dari hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerja sama dengan Kemendikbudristek melalui agenda pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) menggelar pelatihan Literasi Digital bagi Guru MI Al Hikmah Semarang Pasca Pandemi Covid-19, di mana kegiatan tersebut berlangsung dari Agustus hingga Desember 2022.
 
Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Dr Siti Aimah SPd MPd dengan anggota Dr Dodi Mulyadi MPd, Safuan SKom MKom serta 5 (lima) mahasiswa (Pendidikan Bahasa Inggris) tersebut terlibat penuh dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah. Kegiatan PKM ini mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana untuk tercapainya Indikator Kinerja Utama 2 yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus. Oleh karena itu, kegiatan PKM ini setara dengan 21 SKS. 
 
"Luaran kegiatan ini diharapkan guru MI Al Hikmah dapat membuat video-video pembelajaran aktif dan kreatif yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di dalam kelas namun juga untuk mendukung belajar siswa di luar kelas. Selain itu, video pembelajaran yang dihasilkan tersebut diharapkan dapat didaftarkan pada HAKI sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi guru dan sekolah itu sendiri, " ungkap Dr Aimah kepada pers Senin (26/9/2022).
 
Dalam agenda pengabmas tersebut, hadir Kepala Sekolah MI Al Hikmah Semarang Sri Zuniati SSos SPd. Tim PKM Unimus turut serta memberikan seperangkat peralatan multimedia untuk pendampingan kepada guru MI Al Hikmah Semarang tentang literasi digital guna menciptakan pembelajaran yang aktif dan kreatif. Agenda pengabdian masyarakat meliputi workshop pemanfaatan platform pembelajaran digital, workshop penguatan TPACK, workshop pembuatan video pembelajaran android, dan workshop pembuatan video pembelajaran interaktif. (Sgi)

Kredit

Bagikan