Kaum Perempuan Minati Panwascam Karanganyar

user
Ivan Aditya 27 September 2022, 16:11 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR - Pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Bawaslu Karanganyar diminati masyarakat. Jumlah kaum perempuan yang mendaftar cukup signifikan. Per 26 September 2022, jumlah pendaftar sebanyak 229 orang. Terdiri 132 laki-laki dan 97 perempuan.

Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Bawaslu Karanganyar, Sudarsono mengatakan pendaftar perempuan mencapai 42 persen. "Melihat statistiknya, 42 persen pendaftar perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa peran perempuan sangatlah penting dalam proses pendaftaran Panwascam ini," kata Sudarsono, Selasa (27/09/2022).

Porsi perempuan menjadi Panwascam sudah sesuai minimal pendaftar perempuan harus mencapai 30 persen. Artinya sekurang-kurangnya harus ada dua orang pendaftar perempuan di tiap-tiap kecamatan. "Jika tidak terpenuhi, maka dilakukan perpanjangan pendaftaran selama lima hari kerja. Tapi ternyata sudah 42 persen pendaftar,” imbuhnya.

Menghimpun data dari Pokja Pembentukan Panwascam, persebaran jumlah pendaftar di tiap-tiap kecamatan cukup bervariatif. Pendaftar dari Kecamatan Karanganyar menempati peringkat teratas dengan jumlah total pendaftar sebanyak 32 orang, terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Sementara pendaftar dari kecamatan Kerjo dan Ngargoyoso menempati posisi terbawah dengan jumlah pendaftar sebanyak 8 orang.

Adapun mekanisme pendaftaran seleksi Panwascam tahun 2022 ini melalui tiga cara. Yakni berkas pendaftaran diserahkan secara langsung di kantor Bawaslu Karanganyar. kedua berkas pendaftaran dikirim melalui pos. Ketiga berkas pendaftaran dikirim melalui email.

"Jumlah berkas pendaftaran yang diserahkan secara langsung sebanyak 177 orang pendaftar, kemudian berkas pendaftaran yang dikirim melalui pos sebanyak 13 orang dan berkas pendaftaran yang dikirim melalui email sebanyak 39 orang," katanya. (Lim)

Kredit

Bagikan