Tak Laksanakan PAW, Pimpinan DPRD Kudus dan Sekwan Disomasi

user
Agusigit 27 September 2022, 21:15 WIB
untitled

Krjogja.com - KUDUS - Pimpinan DPRD dan Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Kudus disomasi lantaran tidak segera menindaklanjuti proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota legislatif Partai Gerindra dari Nurhudi kepada penggantinya Agus Wariono. Amat Soleh selaku Kuasa Hukum Agus Wariono mengatakan, somasi dilayangkan setelah surat PAW yang telah dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kudus pada 4 Agustus lalu tidak dijalankan sebagaimana mestinya. Sebelumnya pada 23 Februari 2022, DPP Partai Gerindra telah mengeluarkan surat dengan nomor 02-0219/A/DPP-Gerindra/2022 perihal PAW anggota DPRD Kabupaten Kudus atas nama Nurhudi. Proses pun terus berlanjut di tingkat kabupaten.

KPUD Kudus kemudian mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Ketua DPRD Kudus sebagai jawaban atas surat DPRD Kudus sebelumnya mengenai permintaan nama calon dan verifikasi calon pengganti antar waktu anggota DPRD Kabupaten Kudus. "Pada proses pelaksanaan PAW anggota DPRD Kabupaten Kudus dari Nurhudi kepada Agus Wariono, ada proses yang belum dijalankan oleh Pimpinan DPRD Kudus," ungkap Amat Soleh, Kuasa Hukum Agus Wariono dari Advokate and Legal Consultants Babe & Associate dalam konferensi pers Selasa (37/9).

Somasi dilayangkan atas dasar Peraturan DPRD Kudus tentang Tata Tertib DPRD pasal 142. Bahwa paling lama tujuh hari terhitung sejak menerima nama calon pengganti antar waktu dari KPUD, Pimpinan DPRD menyampaikan nama anggota DPRD yang diberhentikan dan nama calon pengganti antar waktu kepada Gubernur melalui Bupati. Begitupun berdasarkan UU nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan.

"Bahwa berdasarkan Posita di atas, saya selaku kuasa hukum mengingatkan Pimpinan DPRD Kudus agar dapat melaksanakan PAW anggota DPRD Kudus Nurhudi dari Fraksi Gerindra kepada Agus Wariono sesuai peraturan perundang- undangan yang berlaku," tegasnya.

Surat somasi kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Kudus sudah dilayangkan pada 15 September 2022. Setelah itu per tanggal 26 September 2022, giliran surat somasi dengan nomor 04/SM/IX/2022 kembali dilayangkan kepada Sekretaris DPRD Kabupaten Kudus. Dengan tuntutan agar Pimpinan DPRD dan Sekretaris DPRD setempat melakukan proses atau tahapan PAW anggota DPRD Kabupaten Kudus Fraksi Gerindra atas nama Nurhudi kepada Agus Wariono sesuai mekanisme yang diatur pada peraturan perundang- undangan dan hukum yang berlaku. "Kami belum tahu alasan kenapa proses PAW tidak dijalankan," jelasnya.

Sementara itu, Agus Wariono dalam keterangannya menyerahkan semua jalannya pergantian posisi ini kepada kuasa hukumnya. Pihaknya tetap berharap semua proses bisa segera selesai sehingga dirinya bisa menjadi anggota DPRD Kudus.

"Apabila PAW tetap tidak diproses, kami akan tempuh langkah hukum lainnya," tandasnya. (Trq)

Kredit

Bagikan