UNS Mulai Jaring Bakal Calon Rektor Periode 2023-2028

user
Agusigit 27 September 2022, 23:15 WIB
untitled

Krjogja.com - SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai melakukan tahapan penjaringan bakal calon rektor periode 2023-2028. Tahapan ini ditandai launching Panitia Penjaringan & Penyaringan Calon Rektor (P3CR) oleh Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) UNS Marsekal TNI Dr (H.C) Hadi Tjahjanto S.IP, Selasa (27/9).

Hadi menyatakan pemilihan rektor kali ini adalah pekerjaan besar dan baru pertama kali sejak UNS berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). "Kami berharap hajat besar pemilihan rektor dapat berjalan dengan tertib, taat aturan serta transparan," jelasnya kepada wartawan.

Dalam pemilihan rektor, lanjutnya, MWA  mengedepankan aspek kebersamaan. Karena itu MWA menetapkan P3CR yang diketuai Prof Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D. dan sekretaris Prof Dr. Soeprayitno, M.M didukung dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa sebagai tim teknis. Selain itu juga dibentuk Panitia Pengawas untuk P3CR yang melibatkan organ di UNS yaitu Senat Akademik, Pimpinan dan Dewan Profesor.

Setelah berstatus PTNBH, sesuai aturan yang berlaku organ yang berwenang untuk melakukan pengangkatan dan pemberhentian rektor adalah MWA. Tahapan pemilihan rektor diawali melakukan sosialisasi pemilihan rektor (27-30 September), kemudian 3-10 Oktober penjaringan bakal calon rektor.

Kemudian 12-14 Oktober penyaringan bakal calon rektor meliputi verifikasi berkas pendaftaran. 16-17 Oktober pemaparan visi misi bakal calon rektor, 20 Oktober pemilihan calon rektor oleh MWA, 27-28 Oktober pemaparan visi misi calon rektor. 11 Nopember rapat pleno MWA agenda pemilihan rektor dan 10-11 April pelantikan rektor.

Ketua MWA, yang juga Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia menandaskan pemilihan rektor ini untuk membangun asa lebih baik dan mencapai prestasi terbaik. Karena itu ia berharap banyak warga UNS untuk mencalonkan diri sebagai calon rektor.

Hal senada juga disampaikan ketua senat akademik Prof Dr Adi Sulistiyono. "Kami berharap banyak yang mendaftar. Dulu ada10 calon, nanti kami berharap lebih banyak lagi. Mereka adalah kader pimpinan UNS. Dan perlu kami ingatkan rektor bukan jabatan politik. Rektor hanyalah tugas tambahan."

Launching P3CR  dilaksanakan dari dua tempat berbeda secara serempak. P3CR berada di Tower UNS, sedangkan Ketua MWA Hadi Tjahjanto di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Jakarta didampingi ketua senat akademik, ketua dewan profesor dan pimpinan UNS.-(Qom)

Kredit

Bagikan