Demi Panen Jagung Danrem 072/Pamungkas Gowes dari Jogja - Magelang

user
Ary B Prass 27 September 2022, 23:47 WIB
untitled

Krjogja.com - Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono SIP MSi bersama Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi SSos MTr (Han), Waka Polres Magelang Kota Kompol Supriyadi SH, Kompol Nunung Nurhidayati dari Polres Magelang maupun lainnya, termasuk perwakilan dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Magelang melakukan panen jagung bersama di area dekat rumah susun Kodim 0705/Magelang yang ada di samping kanan RST dr Soedjono Magelang, Selasa (27/9/2022).

Untuk sampai ke lokasi ini, Danrem 072/Pamungkas bersepeda atau gowes dari Yogyakarta. Setelah mengikuti senam bersama, Danrem 072/Pamungkas maupun lainnya melakukan panen jagung bersama dengan memakai tutup kepala berupa caping. Satu per satu jagung dipetik atau dipanen, untuk kemudian dikelupas kulitnya dan ditunjukkan keberadaan isi jagungnya.

Danrem 072/Pamungkas kepada wartawan usai melakukan panen jagung bersama diantaranya mengatakan Danrem 072 Pamungkas juga mengatakan bukan luas lahan yang dipergunakan, tetapi peran Kodim 0705/Magelang harus hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Sehingga lahan-lahan yang ada di sekitar wilayah Kodim atau perumahan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pangan," katanya.

Komandan Kodim 0705/Magelang kepada wartawan diantaranya mengatakan ada sekitar 3.500 meter2 areal di dekat rumah susun Kodim 0705/Magelang yang ditanami jagung. Area tersebut dulunya berupa tanah lapang, yang kemudian dilakukan pengolahan dengan menggunakan beberapa peralatan.

Ditanya mengenai keberadaan lahan bekas penambangan, dikatakan, setelah lahan-lahan milik TNI AD diaktifkan, juga berupaya untuk mengaktifkan lahan-lahan milik masyarakat maupun perusahaan dan pihak swasta yang belum aktif, salah satunya adalah lahan bekas penambangan yang ada di wilayah Kecamatan Dukun maupun Kecamatan Srumbung Magelang. Berdasar hasil pendataan yang dilakukan, ada lahan sekitar 1,3 Ha yang akan dikerjakan di tahap awal.

Selain itu, ada banyak lagi lahan atau lokasi lainnya. Yang sudah melakukan komunikasi ada 3 tempat. Diharapkan pilot projek yang pertama, yang lokasinya 1,3 Ha bisa ditanami seperti yang ada di sekitar area rumah susun di samping RST dr Soedjono Magelang, baik ditanami jagung maupun sayuran. Untuk kemudian dilanjutkan ke lahan-lahan lain.

Sementara itu berkaitan dengan rencana memanfaatkan lahan-lahan yang ada di bekas galian pertambangan, Danrem 072/Pamungkas mengatakan hal itu dinilai sangat krusial untuk dihidupkan kembali. Karena kalau lahan-lahan tersebut sudah tidak berpotensi lagi, sudah bermanfaat, kasihan masyarakat.

Dinas Pertanian Kabupaten Magelang mungkin sudah melakukan koordinasi dengan Kodim 0705/Magelang untuk memanfaatkan lahan-lahan tersebut, salah satunya mungkin ada tanaman palawija. "Atau nanti ada kegiatan menanam pohon keras. Ada tempat-tempat yang khusus yang bisa ditanami pohon keras, yaitu Pohon Jabon," kata Danrem 072/Pamungkas. (Tha)

 
 

Kredit

Bagikan