Ratusan Nama 'Dicatut' Masuk Anggota Parpol

user
Danar W 28 September 2022, 12:10 WIB
untitled

Krjogja.com - WONOGIRI - Sedikitnya ada 161 nama warga dicatut masuk sebagai anggota partai politik (parpol) tertentu di daerah Wonogiri. Karena tidak merasa sebagai anggota parpol ratusan warga yang mayoritas adalah ASN, bahkan ada nama seorang kepala dinas (OPD) Pemkab setempat mengajukan keberatan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Wonogiri.

Diungkapkan Komisioner Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih dan SDM) KPU Wonogiri, Augustina Puspa Dewi, adanya 161 masukan masyarakat yang merasa tercatat sebagai anggota parpol itu setelah yang bersangkutan melakukan pengecekan terhadap Nomor Induk Kependudukan (NIK) di sistem informasi parpol (Sipol).

"KPU Wonogiri memang bekerjasama dengan Pemkab Wonogiri agar ASN juga ikut melakukan pengecekan NIK-nya apakah terdaftar sebagai anggota parpol atau tidak," kata Augustina di kantornya, Selasa (27/9/2022).

Rinciannya, dari 161 orang tersebut 122 diantaranya adalah ASN baik PNS aktif dan PPPK adapun selebihnya masyarakat umum.

Di tempat yang sama Komisioner Divisi Teknis Pelaksanaan KPU Wonogiri Wahyu Nurjanah menambahkan klarifikasi keanggotaan parpol juga bakal mendatangkan parpol. Masyarakat bakal dipertemukan dengan parpol yang bersangkutan. Hasil klarifikasi bakal dituangkan di berita acara (BA) yang akan dikirim hingga KPU RI. KPU RI selanjutnya berkoordinasi dengan parpol di tingkat pusat.

"Kalau yang bersangkutan memang bukan anggota parpol tertentu akan dilakukan penghapusan yang dilakukan parpol di tingkat pusat," kata Wahyu.(Dsh)

Kredit

Bagikan