Dinas Pariwisata Sleman Adakan Pelatihan Tata Kelola Desa Wisata

user
Tomi Sujatmiko 28 September 2022, 17:45 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pelatihan Tata Kelola, Bisnis, dan Pemasaran bagi 40 orang pengelola destinasi dan desa wisata di wilayah Kabupaten Sleman selama tiga hari berturut-turut mulai Senin hingga Rabu, 26 - 28 September 2022 di Hotel Innside Yogyakarta.

Selain pelatihan di dalam kelas juga dijadwalkan outing class ke Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu Jawa Tengah pada Kamis 29 September 2022. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan sikap kerja SDM pengelola destinasi wisata dalam mengelola dan mengembangkan destinasi wisatanya masing-masing.

Dengan pelatihan ini diharapkan pengelola destinasi/ desa wisata dapat memberikan layanan prima kepada wisatawan. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, SH. dalam sambutan arahannya saat membuka pelatihan tersebut, Senin 26 September 2022 di Hotel Innside Yogyakarta.

Ishadi Zayid menjelaskan pelatihan Tata Kelola, Bisnis, dan Pemasaran terdiri dari beberapa materi keterampilan diantaranya branding, pemasaran, dan penjualan destinasi wisata baik secara konvensional maupun secara digital.

Pelatihan ini menggunakan pembiayaan dari anggaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman tahun anggaran 2022. Rangkaian pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya pengelola destinasi wisata dalam pengelolaan destinasi wisata di Kabupaten Sleman.

Hari pertama pelatihan peserta mendapatkan materi "Pengetahuan Trend, Analisis Potensi Permasalahan, Tantangan Daya Tarik Destinasi Wisata di Kabupaten Sleman" oleh Ike Janita Dewi, S.E., MBA, Ph.D, dan Strategi Pemasaran Destinasi Wisata oleh Dr. Ayu Helena Cornelia.

Materi pada hari kedua “Sosialisasi dan Praktek Aplikasi Visiting Jogja” oleh LS Don Charles dari Dinas Pariwisata DIY berkolaborasi dengan Muhammad Nurdin dari PT Integra, "Teknik Penulisan Konten Website dan Media Sosial" oleh Agung Purwandono, dan "Teknik Dasar Foto dan Video" oleh Nanang Febriyanto dari SKH Radar Jogja.

Pada hari ketiga dengan materi "Pemasaran Digital" oleh Artin Wuriyani, S.Psi., "Pemasaran dalam Pembangunan Kepariwisataan" oleh Edwin Hendra Kusuma dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), dan Strategi Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang Berkelanjutan dan Berdaya Saing oleh Jajang Sukendar.

Melengkapi materi-materi secara klasikan pada hari Kamis 29 September 2022, seluruh peserta diajak untuk melakukan visitasi ke Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Harapannya dengan melihat dan mengamati secara langsung pengelolaan terkait Tata Kelola, Bisnis, dan Pemasaran di Rumah Atsiri Indonesia para peserta dapat dapat mengimplementasikan dan memodifikasi sesuai dengan kondisi dan local wisdom yang ada di destinasi wisata masing-masing.

Kredit

Bagikan