PT BPR Bank Sukoharjo Jalankan Peran Strategis

user
Tomi Sujatmiko 29 September 2022, 14:05 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo berharap pada PT BPR Bank Sukoharjo (Perseroda) lebih menjalankan peran strategis dalam mendorong perkembangan perekonomian masyarakat.

Eksistensi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai lembaga bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Rabu (28/9) mengatakan, salah satu sektor yang mampu berkembang dengan pesat dan dapat menunjang perekonomian nasional sekaligus berperan besar di dalam pembangunan nasional adalah sektor perbankan. Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

Sebagai lembaga jasa keuangan, salah satu peran nyata bank yaitu dalam menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha melalui UMKM. Dengan disalurkannya dana untuk sektor riil di masyarakat tersebut, maka secara tidak langsung bank berperan menggerakkan roda perekonomian bagi masyarakat.

Eksistensi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai lembaga bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. Keberadaan BUMD diharapkan dapat memberikan multiplier effect yang sangat besar dalam menggerakkan sektor-sektor ekonomi produktif, serta menjadi stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Sebagai bank milik pemerintah, PT BPR Bank Sukoharjo (Perseroda) memiliki peran yang strategis dalam mendorong perkembangan perekonomian masyarakat. PT BPR Bank Sukoharjo (Perseroda) harus mampu mengelola manajemen perbankan secara profesional agar menjadi bank yang sehat, yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dalam menggerakan sektor perekonomian masyarakat, khususnya pasca terjadinya pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa dalam perekonomian bangsa, untuk itu dengan kondisi yang semakin membaik ini "Saya berharap kepada PT BPR Bank Sukoharjo (Perseroda) agar lebih kreatif dan inovatif dalam membuat program untuk membantu pemulihan perekonomian masyarakat, khususnya dalam menggerakkan kembali sektor UMKM di Kabupaten Sukoharjo," ujarnya.

Pemkab Sukoharjo sangat memberikan perhatian penuh pada sektor UMKM mengingat menjadi tulang punggung daerah. Sebab banyak masyarakat di Kabupaten Sukoharjo juga bergerak dibidang UMKM. (Mam)

Kredit

Bagikan