Dinkes Karanganyar Kampanyekan Deteksi Dini Gangguan Jiwa

user
Tomi Sujatmiko 29 September 2022, 08:08 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar mengampanyekan seribu deteksi dini penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa ke aparatur pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar Purwati menyampaikan bahwa penyakit tidak menular sering kali tidak ditemukan gejala dan keluhannya sehingga banyak yang terdeteksi saat penyakit telah kronis. “Berdasarkan data Kesda tahun 2018 menunjukkan kenaikan prevalensi penyakit tidak menular dibandingkan dengan data riskesdas tahun tahun sebelumnya,” kata Purwati, Selasa (27/9).

Maka dengan adanya Kampanye Seribu Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Dan Kesehatan Jiwa dilakukan sebagai upaya untuk percepatan indikator standar pelayanan minimal. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal yang menargetkan 100% masyarakat usia produktif usia 15-59 mendapatkan pelayanan minimal sesuai standar satu tahun sekali.

Serta Kelompok rentan yang menyandang penyakit tidak menular di pantau kesehatannya secara rutin. Dengan adanya deteksi dini diharapkan semua kelompok usia produktif bisa terdeteksi dan bisa mendapat pelayanan secara standar.

“Hal ini memerlukan sumber daya cukup tinggi dan biaya cukup tinggi. Untuk itu kami berharap masyarakat akan terbiasa dengan melakukan deteksi dini kesehatan secara rutin dan menerapkan gerakan masyarakat sehat dan perilaku cerdik ini sejalan dengan instruksi presiden nomer 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat sehat,” kata Purwati. (Lim)

Kredit

Bagikan