Guru Kesulitan Integrasikan Matematika Berbasis Budaya

user
Tomi Sujatmiko 29 September 2022, 05:15 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Pandemi Covid-19 membawa dampak terhentinya beberapa program dan kegiatan terkait Sekolah Berbasis Budaya (SBB) di SMPN 3 Banguntapan.

Guru juga masih kesulitan untuk mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya serta bagaimana menyusun perangkat pembelajarannya, apalagi ketika pembelajaran dilakukan secara daring. Karena itu, civitas Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkomitmen terus mendekatkan diri dengan sekolah salah satunya melalui Program Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (DKL).

Hal tersebut disampaikan Heru Sukoco SSi MPd, selaku Ketua Tim Program DKL, Rahu (28/09/2022). Dikatakan, tim telah melaksanakan kegiatan webinar Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya dengan mitra SMPN 3 Banguntapan (Sekolah Budaya dan Adiwiyata) di Padukuhan Duku, Kalurahan Jambidan, Kapanewon Banguntapan, Kamis (22/09/2022) lalu.

"Program tersebut melibatkan SMPN 3 Banguntapan sebagai mitra sekaligus tuan rumah kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan webinar daring, diikuti 82 pendidik matematika baik jenjang perguruan tinggi maupun sekolah menengah. Peserta berasal dari Provinsi DIY, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan mitra lainnya, yaitu MGMP Matematika SMP Kabupaten Bantul," jelas Heru.

Menurut Heru, tujuan diadakannya program tersebut, selain sebagai ajang mendekatkan dosen dengan sekolah juga membangkitkan kembali semangat Sekolah Berbasis Budaya di SMPN 3 Banguntapan melalui kegiatan Webinar. Adanya webinar di sekolah juga akan mentransformasi pengetahuan dan pengalaman melaksanakan kegiatan ilmiah secara daring dari Perguruan Tinggi ke Sekolah.

Kegiatan webinar dibuka Lies Arifah MPd selaku Kepala SMPN 3 Banguntapan dan menghadirkan 3 narasumber, yaitu Prof Dr Marsigit MA (UNY), Dr Sri Wulandari Danoebroto, MPd (Balai Besar Guru Penggerak/BBGP DIY), dan guru matematika berprestasi Nila Sari Latif MPd. (UPTD SMPN 16 Mandai). Kegiatan tersebut juga disiarkan secara live streaming melalui akun YouTube SMPN 3 Banguntapan yang dapat diakses masyarakat luas sekaligus menjadi media publikasi dan branding sekolah.

Disebutkan, Tim Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (DKL) oleh Prodi S1 Pendidikan Matematika, FMIPA UNY terdiri dari dirinya Ketua Tim Heru Sukoco SSi MPd, anggota tim Prof Dr Marsigit MA dan Dr Dra Mathilda Susanti MSi, Drs. Muhammad Fauzan MScSt serta 5 orang mahasiswa yaitu Azriah SPd, Leli Anggita Putri, Salsabil Quraini Husein, Finda Triarsa, dan Muhammad Toti Widirahman. (Jay).

Kredit

Bagikan