Dr Ika Tampilkan Lilitan Benang Putih Pameran Bahasa Rupa

user
Tomi Sujatmiko 29 September 2022, 16:07 WIB
untitled

Krjogja.com - MAGELANG - Dosen Program Studi (Prodi) Seni Rupa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Dr Ika Ismoerdijahwati MSn menggelar pameran tunggal di Kampoeng Semar Borobudur, 28-30 September 2022.

Pameran bertemakan Objektifikasi dan Seni Dalam Bahasa Rupa dibuka perwakilan dari Kampoeng Semar Borobudur Iptu Kukuh Tirto Satria Leksono SH MH, Rabu (28/9/2022). Selain Iptu Kukuh, Sucoro dari Borobudur juga berbicara di forum ini.

Karya yang ditampilkan ikut mewarnai suasana di Kampoeng Semar Borobudur, sehingga suasananya menjadi berbeda dibanding hari-hari biasanya. Lilitan benang putih dan beberapa kawat juga mewarnai karyanya. Selain itu juga ditampilkan beberapa benda atau barang lain, diantaranya seperti cermin, nampan maupun lainnya, yang semua itu memiliki makna tersendiri.

Dipergunakan bahasa objektifikasi, kata Dr Ika, itu artinya kepribadian yang tereliminasi atau yang terkaburkan. Indentitas yang terkaburkan oleh kondisi dan keadaan kehidupan sehari-harinya. Yang menjadi eksplorasi adalah wajah manusia, wajah-wajah kita sendiri sebagai manusia yang banyak menciptakan kode.

Menciptakan kode ini artinya menciptakan bahasa, yang mungkin bahasa inilah yang membuat, tanpa disadari, menjadi sistem yang melilit diri sendiri. (Tha)

Kredit

Bagikan