Ganjar Senang Dibantu TNI Perkuat Ketahanan Pangan Jateng

user
Danar W 30 September 2022, 08:10 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan senang dibantu tentara untuk mewujudkan ketahanan pangan di Jawa Tengah melalui kegiatan Pemanfaatan Lahan dengan Penanaman Jagung.

Ganjar hadir dan memberikan sambutan pada penanaman jagung di lahan daerah latihan Kodam IV Diponegoro, Meteseh Tembalang Semarang pada Rabu (28/9/2022). Penanaman sebagai upaya membangyn Ketahanan Pangan memghadapi dan memgantisipasi krisis pangan ini diinisiasi KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman dan dilaksanakan oleh Kodim 0733 Kota Semarang. Selain Gubernur Jateng, penanaman juga dilakukan Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Lebih lanjut Ganjar memaparkan bahwa masalah pangan adalah serius. Dimana kondisi pangan ini sangat bergantung pada situasi dunia. "Rapat di PBB sudah membahas masalah kesulitan pupuk ini artinya punya dampak yang besar bagi kelangsungan tanaman pangan. Pangan menjadi sulit dan mahal karena pupuk. Kita beruntung kendali kita jauh lebih baik dari negara lain. Kita punya banyak lahan yang bisa kita tanami dan manfaatkan. Indonesia ini Subur Tanpa Tinandur, apa-apa bisa tumbuh tanpa kita tanam. Karena itu gerakan yang diinisiasi TNI ini sangat besar manfaatnya dalam menjaga ketahanan pangan," ungkap Ganjar Pranowo.

Sementara Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono memaparkan bahwa TNI menjadi garda terdepan menjaga kedaulatan negara, termasuk di dalamnya kedaulatan dan ketahanan pangan. Oleh karenanya kini bergerak membantu pemerintàh dalam mengatasi problem pangan. Caranya dengan melakukan ppemanfaatan lahan-lahan tidur untuk ditanami tanaman penghasil pangan. "Di daerah latihan Meteseh Kodam IV Diponegoro ini kita siapkan 15 hektare. Yang siap ditanami 10 hektare. Adapun yang ditanam adalah tanaman Jagung Hibrida Pertiwi 3. Kodam terus mendorong terwujudnya ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan tidur di tanah dan lahan dengan melibatkan masyarakat sekitar," tegas Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Terpisah Komandan Kodim 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Honi Havana mengungkapkan pemanfaatan lahan latihan Meteseh dikerjakan oleh Kodim dengan melibatkan kelompok tani warga sekitar bernama 'Konsultanik'. "Kita bentuk kerjasama dengan support Unit Usaha Koperasi Kodim 0733 Kota Semarang, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Peekebunan Kota Semarang. Kita juga disupport oleh Walikota Semarang," tambah Honi Havana.

Penanaman di lahan latihan ini dilakukan dengan cara modern menggunakan peralatan canggih, diantaranya mesin penanam dan drone penyiram tanaman. (Cha)

Kredit

Bagikan