Binaan Diskop UKM DIY, Kalurahan Girikerto Jadi Desa Mandiri Budaya Terbaik 2022

user
Danar W 30 September 2022, 07:30 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Pengembangan Desa Mandiri Budaya (DMB) menjadi strategi Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk mengakselerasi pengembangan kawasan perdesaan yang memiliki kompetensi pengembangan budaya dalam arti luas melalui sokongan empat pilar, yakni budaya, wisata, preneur dan prima. Skema pengembangan DMB sudah berjalan dua tahun dan menjadi Pergub DIY Nomor 93 Tahun 2020 ini perlu monitoring dan evaluasi (monev) oleh tim independen yang terdiri dari akademisi dan OPD lintas sektoral ini diperlukan agar penilaian objektif.

Pelaksanaan Monev DMB ini dilakukan pada 18 kelurahan yang sudah ditetapkan menjadi DMB pada 2020 dan 2021. Untuk itu, Pemda DIY melalui Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY menggelar Ekspose terkait Monev DMB 2022 di Hotel Harper pada Senin (26/9/2022).

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY Yuna Pancawati menyampaikan dari hasil Monev penyelenggaraan kebijakan DMB 2022, Kalurahan Girikerto termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil ini berdasarkan penilaian capaian kinerja dalam instrumen yang disusun Tim terkait Monev proses dan Monev hasil yang telah dilaksanakan DMB Girikerto 2021-2022. Diharapkan kalurahan yang telah menjadi DMB dapat menjadi Desa Model yang dikelola secara terpadu dengan tetap memperhatikan peran warga dalam pengelolaannya.

"DMB menjadi penting karena memiliki berbagai peran strategis dan bisa memberikan identitas Desa yang spesifik. Dampak dari penetapan Desa Model untuk memotivasi peningkatan kesadaran dan peran serta warga dalam DMB. Kedepan sebagai DMB, ada kolaborasi berbagai pihak serta sinergi antar program dapat dilakukan sehingga berdampak pada pengurangan angka kemiskinan dan angka pengangguran," tandas Yuna.

Penilaian DMB ini meliputi lima aspek, 13 instrumen dan 23 indikator. Berdasarkan kriteria tersebut, maka dihasilkan Kelurahan Girikerto, Kapanewon Turi, Kab. Sleman terpilih menjadi DMB terbaik 2022. Hal ini berkat kerjasama seluruh elemen kalurahan yang mampu 'nyengkuyung' pencapaian melalui proses yang panjang.

Lurah Girikerto Sudibya mengaku pihaknya tidak muluk-muluk dengan hanya mengambil kebijakan strategis di wilayahnya, tetapi dipilih yang prioritas dan disesuaikan dengan potensi setempat. Kebijakan tersebut diusulkan mendapat alokasi Dana Keistimewaan (Danais). Setelah turun, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Girikerto telah siap mengerjakan program prioritas dengan tepat waktu, tepat sasaran dan sesuai ketentuan yang diikutkan dalam seluruh laporan administrasi.

"Kita DMB di bawah bimbingan Dinas Koperasi dan UKM DIY selalu intens berkoordinasi dan mengikuti arahan dengan sistem transparansi. Potensi prioritas Desa Girikerto pada 2022 ini, kami membuat Stasiun Pengisian Tangki Air (SPTA) dan pengolahan susu kambing peranakan etawa (PE) yang dikelola BUMKAL agar bisa memberikan pemasukan sekaligus lapangan kerja bagi masyarakat. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan harus memberikan kemanfaatan dan keberlanjutan bagi masyarakat sehingga Danais benar-benar dirasakan masyarakat desa," terang Sudibya.

Sebagai binaan Diskop UKM DIY dalam hal pendampingan DMB, Kalurahan Girikerto sudah banyak melakukan perubahan. Aktivitas seni budaya yang massif menjadi bukti pengembangan budaya tetap menjadi prioritas. Pembangunan sentra-sentra ekonomi kerakyatan dan budaya hingga kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif cukup masif digerakkan serta menjadi sebagian terobosan yang patut ditiru.

Kepala Diskop dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menuturkan Desa Girikerto adalah salah satu desa preneur dan menjadi binaannya dalam tata kelola DMB. Harus diakui, spirit kebersamaan dan kegotongroyongan di Girikerto sangat kuat dengan support leadership antara lintas generasi. Artinya generasi tua dan generasi millennial di sana bisa bekerjasama membawa banyak perubahan di Girikerto.

"Aspek akuntabilitas kinerja dalam tata kelola BKK DMB juga terpotret dengan baik, efektif dan efisien. Harapannya, kualitas kegiatan BKK Danais DMB di Girikerto dapat membawa dampak yang positif seperti peningkatan kesejahteraan, penurunan kemiskinan, mengurangi pengangguran dan menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan baru di wilayah Sleman Utara," tegas Siwi.

Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Diskop UKM DIY Wisnu Hermawan menyatakan Desa Girikerto kuat akan guyub dan kolaborasi lintas generasi secara organik dalam menggerakan potensinya. Semangat guyub hingga toleransi inilah yang menjadi kunci mewujudkan DMB sehingga bisa ditiru dan memberikan inspirasi transformasi desa. Selain itu, pelaksanaan akuntabilitasnya paling menonjol dan tertib dalam memaknai alokasi Danais demi tercapainya kesejahteraan bersama.

"Saya menemukan spirit Pancasila di Desa Girikerto sehingga menguatkannya terpilih sebagai DMB terbaik 2022. Guyubnya benar-benar muncul termasuk pemberdayaan masyarakatnya. Harapannya semangat pemberdayaan DMB lebih kuat, artinya kegiatan yang bersumber dari DMB bisa meringankan Pemda dengan desa lebih mandiri, tahan serta berdaulat hingga pada akhirnya mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Wisnu. (Ira)

Kredit

Bagikan