MJE 2022 Digelar, 170 Tenant Potensi Muhammadiyah di Kampus UAD Siap ‘Diserbu’

user
Ary B Prass 30 September 2022, 14:57 WIB
untitled

YOGYA - Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) 2022 diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY siap dilaksanakan 6-9 Oktober 2022 di Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jl Ringroad Selatan Yogyakarta. Kegiatan kedua sejak 2018 tersebut dilaksanakan menyambut Muktamar Muhammadiyah di Surakarta pada 18 November 2022.
 
Penyelenggaraan Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) 2022 ini juga sebagai wujud kepedulian pada UMKM yakni dengan memfasilitasi berupa expo dan telah diikuti oleh 170 tenant. Adapun peserta expo selain dari internal Muhammadiyah yaitu Pimpinan Cabang dan Ranting se DIY, juga diikuti oleh UMKM kuliner halal, busana muslim, herbal, buku dan Alqu’an serta multiproduk kebutuhan muslim lainnya.
 
“Selain expo, MJE menggelar lebih dari 100 jenis acara di panggung Utama dan panggung pendukung, terdiri dari Opening Ceremony, Pengajian Akbar Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed , Aksi Sosial LazisMU PWM DIY, Membagikan 4800 paket Sembako Kepada Mubaligh dan Guru Muhammadiyah Se DIY. Ada juga acara untuk kalangan muda Konser Musik Muhammadiyah Milineal bersama Damara De dan Sekar Retno Larasiti (Finalis Syair Ramadhan 2022 GTV). Sedangkan acara untuk anak anak juga diselenggaran yakni Cooking Class For Kids Bersama Chef Berlin,” ungkap Ketua Panitia MJE 2022, Taufik Ridwan. 
 
Selain itu, Taufik juga menyebutkan MJE juga menggelar aksi sosial berupa pemeriksaan, pengobatan gratis dan pemberian suplemen kesehatan untuk 2000 driver ojek online. Akan diselenggarakn juga kegiatan seni budaya Wayang dan Kethoprak Kontemporer Muhammadiyah, serta Sanskrit Award yakni Penganugrahan kepada Tokoh Muhammadiyah yang berjasa dalam dunia Seni, Budaya dan Olahraga di DIY. 
 
“Ada juga Pameran Seni Rupa Seniman Nasional dan Internasional. Event ini terbuka untuk masyarakat umum, harapannya semoga bermanfaat dan mampu menjadi sarana hiburan edukatif dan menjadi sarana bangkit UMKM khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta,” sambung Taufik. 
 
Pada event perdana pada 2018 silam, Taufik mengungkap adanya total transaksi mencapai Rp 5 miliar. Diharapkan, MJE 2022 bisa menghasilkan transaksi yang juga tak kalah dibandingkan empat tahun silam. 
 
“Secara keseluruhan kami prediksi bisa lebih dari 50 ribu yang hadir, sebagai syiar Muktamar sekaligus mengatasi kerinduan bertemu. Kalau total transaksi bisa mencapai lebih dari Rp 5 miliar,” tandasnya. 
 
Gita Danu Pranata, Ketua PWM DIY menambahkan, kegiatan MJE 2022 diisi dari bidang pendidikan, layanan sosial, ekonomi serta kuliner dan sebagainya. Kegiatan dibuat sebagai bagian dari dakwah persyarikatan Muhammadiyah serta apresiasi bagi UMKM. 
 
“Empat hari nanti akan ada panggung apresiasi menunjukkan seni budaya, jadi komprehensif. Kami berharap kegiatan tersebut membawa manfaat untuk masyarakat secara umum dan warga Muhammadiyah pada khususnya,” tandas Gita. (Fxh)

Kredit

Bagikan