Mobil Listrik ECRC UMS Siap ke Mandalika

user
Ivan Aditya 30 September 2022, 20:54 WIB
untitled

Krjogja.com - SOLO - Mobil listrik Electrical Car Research Center (ECRC) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap mengikuti kompetisi internasional mobil hemat energi Shell Eco-marathon 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 11-15 Oktober mendatang.

Mobil yang diberi nama Ababil Evo III secara resmi telah dilepas rektor Prof Dr Sofyan Anif MSi, Jumat (30/9). Mobil listrik Ababil Evo III merupakan mobil hemat energi yang dirancang untuk mengikuti perlombaan dalam kategori prototype.

"Tim ECRC merupakan pusat penelitian dan pengembangan yang dikembangkan mahasiswa Fakultas Teknik yakni Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Mobil akan dikirim pada 4 Oktober, berikutnya 10 Oktober timnya," jelas Ir Muh Alfatih Hendrawan ST MT.

Ababil Evo III memiliki rancangan Battery Li-ion dengan kapasitas 840 Wh dan rasio konsumsi sebesar 265.2 km per 1 kWh menggunakan motor penggerak: Motor Brushless DC 350W 48V. Pengembangan mobil listrik terus dilakukan hingga race berlangsung. Mobil ini sebelumnya bernama Ababil Evo II yang telah diperbarui dan diperbaiki sehingga menjadi andalan bagi ECRC UMS TEAM.

Perubahan pada bagian bodi yang lebih aerodinamis serta berat mobil yang sebelumnya 60,5 kg menjadi 56 kg. Perubahan juga pada pembaharuan bagian pengereman menjadi hidrolik dan visibilitas mobil yang lebih jelas. Pada bagian elektrikal mobil ditambahnya sensor arus, tegangan, dan sensor kecepatan.

Rektor Sofyan Anif berharap tim ECRC mampu meraih prestasi di Mandalika. Prestasi mahasiswa di kancah internasional akan mempengarui status fakuktas maupun program studi. (Qom)

Kredit

Bagikan