BBVet Wates Vaksinasi Rabies Hewan Peliharaan

user
Ivan Aditya 01 Oktober 2022, 01:32 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - DIY merupakan satu di antara delapan daerah yang terbebas dari kasus rabies meliputi Jateng, Jatim, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Papua dan Papua Barat. Beberapa hewan peliharaan yang menularkan rabies di antaranya anjing, kucing dan kera. Penyakit rabies hampir 90 persen disebabkan oleh anjing dan 2 persen oleh kucing dan kera.

Indikator gejalanya yakni memiliki air liur berlebihan, tempramen, takut cahaya dan air. Serta hewan yang terinfeksi rabies suka menggigit barang-barang.

"Jika ditemukan gejala tersebut, pemilik hendaknya langsung membawa hewan peliharaannya ke puskeswan, klinik maupun instansi terkait agar mendapatkan penanganan lebih lanjut," kata Subkoordinator Substansi Evaluasi dan Pelaporan, Balai Besar Veterinir (BBVet) Wates disela pelayanan vaksien rabies gratis dalam angka memperingati Hari Rabies Sedunia, Jumat (30/09/2022).

Diungkapkan BBVet Wates menyediakan 150 dosis vaksin rabies bagi masyarakat umum yang memiliki hewan peliharaan. "Puncak acara hari rabies sedunia, kami memberikan pelayanan vaksinasi rabies kepada masyarakat untuk membawa hewan peliharaannya," jelasnya.

Kegiatan lain yang telah dilaksanakan meliputi sosialisasi seputar penyakit rabies ke anak sekolah. Langkah itu dilakukan karena penyakit rabies banyak menyerang anak usia di bawah 15 tahun. Selain itu webinar bertemakan one health zero death dengan menghadirkan pakar dari perguruan tinggi dan Kementerian Pertanian RI sebagai pemateri.

Sementara itu Sri Winarno mengaku datang ke BBVet Wates untuk mendapatkan vaksin rabies bagi anjing peliharaannya. Dirinya mengaku cukup terbantu dengan adanya pelayanan vaksinasi rabies gratis tersebut. Apalagi, lokasinya dekat dengan rumahnya di Punukan, Kapanewon Wates.

"Saya mendukung vaksin rabies gratis, bisa membantu kami agar hewan peliharaan terbebas penyakit rabies. Apalagi kesadaran warga untuk memvaksin hewan peliharaan masih sangat rendah," ungkapnya. (Rul)

Kredit

Bagikan