Menparekraf Buka Kustomfest, Lebaran Kustom Kembali Bergelora

user
Ivan Aditya 01 Oktober 2022, 15:32 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL -  Kustomfest, Indonesia Kustom Kulture Festival, ajang Lebaran Kustom terbesar di Indonesia resmi dibuka, Sabtu (01/10/2022) di Jogja Expo Center (JEC). Setelah vakum beracara offline selama 3 tahun karena pandemi, Kustomfest kembali menggebrak menghibur pecinta kustom kulture Indonesia.

“Industri desain produk ini diprediksikan akan terus meningkat, Kustomfest bisa menjadi tuan rumah bagi perkembangan dunia produk industri dan bisa menjadi roda roda ekonomi pariwisata dan juga UMKM di Indonesia. Selain itu, kehadiran acara ini juga turut membantu tingkat okupansi penginapan di wilayah Yogyakarta karena banyaknya tamu yang hadir,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat membuka Kustomfest 2022.

Sandiaga menambahkan adanya sebuah event dengan kelas dunia ini menjadi sebuah keuntungan bagi pariwisata Indonesia yang sudah mulai bangkit lagi belakangan ini. Kustomfest yang telah ada sejak 2012 berproses dan meningkatkan kualitas hingga tahun ke-11 ini. 

“Ini tentu mendukung upaya pemerintah untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk hadir ke Indonesia. Pemerintah berharap Kustomfest bisa terus berjalan ke depan dan semakin baik lagi,” tandas Sandiaga.

Sementara itu Director Kustomfest, Lulut Wahyudi menambahkan perjalanan panjang dari event yang dibangunnya juga membantu builder lokal untuk naik level secara skill dan strategi promosinya dengan mengundang tamu internasional. Beberapa builder dunia serta para pegiat industri kustom kulture termasuk media setiap tahunnya selalu diundang untuk berbagi informasi.

“Sebanyak 160 motor kustom hasil dari kurasi komite untuk bisa bersaing menjadi yang terbaik. Sementara peserta Hot Rod and Kustom Car diikuti oleh 36 kontestan. Semua peserta yang tampil terlihat sangat fresh dan istimewa karena merupakan karya yang baru dan belum pernah dihadirkan di acara kustom lain,” tambah Lulut. 

Pada tahun ini builder internasional akan membawa karyanya, Kaichiroh Kurosu builder Cherry’s Company yang sudah beberapa kali datang ke Kustomfest akan membawa “Highway Fighter”, sebuah maha karyanya yang hingga kini masih banyak diminta oleh beberapa pelanggannya dari beberapa negara, Yoichi Yoshizawa Custom Works Zon akan memamerkan “Huracan”, Masa punggawa Luck MC dengan “Shirley Junior”, Toshiyuki Osawa dari Cheetah Custom Cycles menerbangkan “The Comet 45” dan salah satu builder Jepang yang baru pertama kali datang Takuya Aikawa builder dari Sure Shot yang langsung membawa “DST”, Mooneyes yang selalu memberikan dukungan setiap tahunnya, kali ini secara khusus membawa mobil kodok VW Type 1 Drag Race legendaris.

Selain melihat deretan motor dan mobil kustom, pengunjung juga bisa melihat sepeda kustom, berbagai eksibisi khas dunia kustom seperti pembuatan tato, live pinstriping, instalasi seni, dan juga membeli berbagai apparel mulai dari helm, t-shirt, jaket, sepatu bahkan part motor seperti mesin, setang, dan frame. Ada juga balapan flat track yang sudah disiapkan oleh tim panitia di area belakang JEC.

Satu konten acara puncak yang paling ditunggu di setiap acara Kustomfest adalah lucky draw di akhir hari kedua. Khusus pada tahun ini Lulut bersama tim Retro Classic Cycles membuat sebuah motor chopper elektrik yang diberi nama “Condrodimuko”.

“Kehadiran motor chopper ini saya harap bisa menjadi pemicu bagi builder lain untuk bisa juga membuat sebuah karya dengan basis motor listrik. Dan kali ini pengunjung bisa datang membeli tiket seharga Rp 100.000 untuk membawa pulang motor bersejarah ini.” tutup Lulut. (Fxh)

Kredit

Bagikan