Dosen IKIP PGRI Wates dan UNU Gelar Workshop Menulis Bagi Guru

user
Agusigit 02 Oktober 2022, 07:42 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Sebagai bagian dari Tri Dharma Pengabdian, para dosen wajib melakukan program pengabdian masyarakat. Untuk itu Dosen Prodi PGSD IKIP PGRI Wates dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta melakukan pengabdian dengan tema Menulis Dongeng Berbasis Augmented Reality para guru.

Menurut Dosen Prodi PGSD IKIP PGRI Wates, Wulan Tri Puji Utami MPd, program ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan literasi digital para guru di SD N Tukharjo Purwoharjo Samigaluh Kulonprogo. "Selain itu, melalui program ini menstimulus keterampilan menulis para guru terutama untuk menghasilkan sumber bacaan berkualitas bagi siswa SD N Tukharjo," ujar Wulan yang juga merupakan Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, Sabtu (01/10/2022).

Pembiayaan program ini didukung oleh Kemdikbudristek dari skema Program
Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) tahun 2022. Kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap dengan membuat target di setiap pertemuan.

Narasumber yang mengisi kegiatan terdapat 3 narasumber utama. Dosen Prodi PGSD IKIP PGRI Wates, Wulan Tri Puji Utami MPd menyajikan tentang tips memunculkan ide dan trik menulis dongeng dengan mudah dengan teknik mind mapping; Novy Trisnani MPd sebagai Dosen Prodi PGSD juga memberikan materi tentang Pentingnya Keterampilan Literasi Digital bagi Guru SD.

Selanjutnya, Syauqie Muhammad Marier SKom MKom, Dosen Teknik Informatika di Universitas Nahdatul Ulama Yogyakarta (UNUY) memberikan materi tentang augmented reality yang diimplementasikan di konsep dongeng yang telah dibuat. Luaran dari program ini salah satunya adalah buku dongeng yang telah terdaftar ISBN. (Wid)

Kredit

Bagikan