Uskup Agung Semarang Terimakan Sakramen Krisma

user
Tomi Sujatmiko 02 Oktober 2022, 10:41 WIB
untitled

Krjogja.com - WONOSARI - Uskup Agung Semarang Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko SY menerimakan Sakramen Krisma di Gereja Katolik ST Yusup, Bandung, Playen Kabupaten Gunungkidul Sabtu (01/10/2022) sore.

Penerimakan sakramen dilangsungkan melalui perayaan ekaristi didampingi Rm Gregorius Awan Widoyoko PR dan Rm Antonius Hendri Atmoko PR, Rm Kusno Bintoro CM dan Rm Armada Riyanto Cm.

"Jumlah penerima sakramen Krisna sebanyak 137 orang," kata Ketua Dewan Paroki ST Yusup Bandung Rm Gregorius Awan Widoyoko PR Sabtu (01/10/2022).

Sakramen Krisma adalah satu dari tujuh sakramen yang ada di dalam tradisi Gereja Katolik. Melalui Sakramen Krisma atau Penguatan seseorang diikat secara lebih kuat dengan gereja. Sakramen tersebut diperoleh setelah Sakramen Baptis dan Sakramen Penerimaan Komuni Pertama.

Sebelum menerima sakramen Krisma calon penerima harus mengi kuti pelajaran persiapan selama 6 bulan. "Penerimaan Sakramen Krisma tahun ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 5 Gereja Katolik ST Yusul Bandung," imbuhnya.

Uskup Agung Semarang Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko SY dalam kotbahnya, menyatakan, Sakramen Krisma adalah tanda penguatan iman Katolik. Dengan Sakramen Penguatan ini diharapkan menjadi kekuatan dalam mewartakan iman Katolik dan menjadi kekuatan dalam menghadapi godaan duniawi. Jika imannya kuat, disertai dengan tekun dalam doa, baik melalui pribadi dan devosi maka iman akan semakin teguh dan menjadi berkat bagi semua orang. "Kuat dalam iman dan kasih diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada semua orang," ucapnya.

Sebelum menerimakan Sakramen Krisma Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko meresmikan Taman doa Goa Maria Bintang Samodra di Kompleks Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul, Girisekar, Panggang, Gunungkidul. Menurut laporan Ketua Panitia Kelik Sutarto MM beaya pembangunan Taman Doa Goa Maria Bintang Samodra, menghabiskan dana Rp 175 juta dari swadaya umat dan donatur. (Bmp)

Kredit

Bagikan