Bersama UNY, Kerajinan Keset PPDMS di Gunungkidul Semakin 'Moncer'

user
Danar W 02 Oktober 2022, 05:10 WIB
untitled

Krjogja.com - GUNUNGKIDUL - Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera (PPDMS) adalah organisasi sosial yang menangani pemberdayaan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Gunungkidul. PPDMS berkantor pusat di Kalurahan Nglipar, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul memiliki usaha utama yang pesat yaitu kerajinan keset. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kerajinan keset PPDMS telah mengalami peningkatan yang signifikan baik dari kualitas dan kuantitas produk, proses produksi, pengelolaan, dan pemasaran produk.

Sejak tahun 2020, usaha kerajinan keset PPDMS telah didampingi oleh Universitas Negeri Yogyakarta melalui Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Di bawah koordinasi Drs. Edy Purnomo, M.Pd. dengan anggota Dr. Ishartiwi, M.Pd., Dr. Ir. Bayu Rahmat Setiadi, M.Pd., Eka Ary Wibawa, M.Pd., dan Angga Damayanto, M.Pd. telah membangkitkan usaha keset ini yang semula redup menjadi bersinar.

Pada tahun 2022, tim PPPUD UNY di tahun ketiga, fokus dalam meningkatkan pemasaran produk kerajinan keset PPDMS. Baik UNY maupun PPDMS telah mendeklarasikan merk IKI AE sebagai brand yang memiliki makna Inovatif, Kreatif, Inklusif, Art & Economic mengandung cita-cita luhur bahwa penyandang disabilitas perlu melakukan transformasi hidup untuk berwirausaha secara produktif dan menggunakan teknologi asistif. Berbagai event kegiatan pameran produk kerajinan telah diikuti PPDMS untuk memasarkan produk kerajinan kesetnya.

UNY sebagai mitra binaan/pendamping usaha kerajinan tersebut telah memberikan konstribusi kepada PPDMS dalam beberapa pameran di Kecamatan Semin, Kantor BRI KC Wonosari, Kegiatan Tahura BPDDIY, Acara Dies Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, dan Kementerian Investasi/BKPM. Pameran produk tersebut menjadi pemantik penjualan yang tinggi untuk PPDMS sehingga proses produksi terintegrasi dengan anak usaha mitra PPDMS. Anak usaha mitra PPDMS yaitu Mitra Handayani, Bina Dadapayu Sejahtera, Mitra Manunggal, Mitra Mandiri, Mitra Ananda, dan mitra lainnya berkolaborasi dalam memproduksi keset.

Untuk mendukung akselerasi produksi, tim PPPUD UNY telah memberikan mesin tenun keset otomatis yang aksesibel untuk penyandang disabilitas, pengembangan aplikasi pencatatan keuangan yang aksesibel, Alat Tenun Bukan Mesin untuk anyam keset yang aksesibel, mesin potong kain, dan perlengkapan dalam produksi. Selain itu, pada tahun 2022 ini tim PPPUD UNY memberikan pelatihan dalam pembuatan kain perca sehingga dapat menstok bahan baku mandiri, pelatihan diversifikasi produk, pelatihan pemasaran produk dalam dan luar negeri, pelatihan peningkatan kualitas keset sesuai standar SNI, pelatihan perawatan dan pengoperasian mesin, dan pelatihan pencatatan keuangan dengan aplikasi berbasis android yang dikembangkan tim.

“Adanya pendampingan dari UNY sejak tahun 2020 telah membangkitkan semangat kami untuk melanjutkan kerajinan keset. Kami tidak menyangka bahwa kerajinan keset kami memiliki nilai yang tinggi untuk menunjukkan eksistensi wirausaha organisasi penyandang disabilitas,” ujar Hardio selaku ketua PPDMS.

Kerjasama tim PPPUD UNY dengan PPDMS akan terus berjalan melalui pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat. Dukungan fasilitas juga diberikan kepada PPDMS berupa bantuan alat dan mesin, bahan baku kain perca, aplikasi pencatatan keuangan, kemasan unik bermerk “IKI AE”, dan perangkat elektronik yang mendukung dalam pemasaran produk.

“Terlebih lagi, adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat menjadi potensi besar bagi perguruan tinggi untuk memoles kerajinan keset PPDMS menjadi lebih besar,” tutur Edy Purnomo.

Jalinan kerjasama ini merupakan langkah untuk menguatkan daya saing usaha kerajinan keset PPDMS dan meningkatkan konstribusi UNY yang berdampak untuk kemajuan institusi dan mitra. Harapan besar dari kerajinan keset ini adalah bagaimana kualitas produk telah standar dan mampu memproduksi secara massal dengan tetap memperhatikan keterlibatan penyandang disabilitas serta keluarga penyandang disabilitas untuk produktif dalam berwirausaha, bekerja, dan mengembangkan inovasi kerajinan baik secara mandiri maupun dukungan dari UNY.(*)

Kredit

Bagikan