Satkoryon Banser Kasihan Menolak Aksi Intoleransi di Bantul

user
Danar W 02 Oktober 2022, 04:10 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Gerakan Pemuda Ansor merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya dan cita-cita Nahdlatul Ulama untuk berkhidmat kepada perjuangan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan ini secara konsisten berjuang menuju terwujudnya masyarakat yang demokratis, adil, makmur dan sejahtera berdasarkan ajaran Islam.

"Bahwa cita-cita perjuangan bangsa Indonesia dan upaya-upaya pembangunan nasional hanya bisa terwujud secara utuh dan berkelanjutan bila seluruh komponen bangsa serta potensi yang ada, termasuk generasi muda, mampu berperan aktif," demikian kata Komandan Satkoryon Banser Kasihan Bantul Ambar Riyanto yang ditemui, Jum’at (9/9/2022).

Lebih lanjut disampaikan bahwa Satkoryon Banser Kasihan Bantul yang memiliki sekretariat di Jalan Goa Selarong Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul merupakan bagian dari organisasi otonom Nahdlatul Ulama yang didirikan pada 10 Muharram 1353 Hijriyah atau bertepatan dengan 24 April 1934 Masehi di Banyuwangi, JawaTimur sesuai ketentuan Peraturan Dasar dan Rumah Tangga.

Secara umum Barisan Ansor Serbaguna (Banser) adalah Kader inti GP Ansor sebagai kader penggerak, pengemban dan pengaman program-program GP Ansor. Kader dimaksud adalah anggota GP Ansor yang memiliki kualifikasi kedisiplinan dan dedikasi tinggi, ketahanan fisik dan mental yang tangguh, penuh daya juang dan religius serta mampu berperan sebagai benteng ulama yang dapat mewujudkan cita-cita GP Ansor di lingkungan Nahdlatul Ulama untuk kemaslahatan umum sesuai ketentuan Peraturan Rumah Tangga.

"Oleh karenanya Satkoryon Banser Kasihan Bantul yang merupakan bagian dari Satkorcab Banser Bantul berkomitmen dengan Polri untuk selalu menjaga keamanan, kenyamanan dan kondusifitas masyarakat DIY terutama menolak aksi intoleransi di wilayah Bantul," pungkas Ambar Riyanto.(*)

Kredit

Bagikan