Kembangkan Sport Tourism, Soedirman Gran Fondo Jadi Agenda Rutin ISSI Purbalingga

user
Tomi Sujatmiko 02 Oktober 2022, 17:13 WIB
untitled

Krjogja.com - PURBALINGGA - Even olahraga bersepeda yang dipadu dengan wisata Soedirman Gran Fondo diusulkan jadi agenda rutin tahunan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Purbalingga. Selain itu perhelatan ini juga bisa mendukung pengembangan sport tourism di daerah tersebut.

“Peserta merasa tertantang dengan jalur menanjak di sejumlah titik rute yang dilalui,” tutur Ketua ISSI Purbalingga Budi Setyawan usai penyerahan hadiah kepada para pemenang di sejumlah kategori Soedirman Gran Fondo 2022, di pelataran parkir kompleks Owabong Cottage, Purbalingga, Sabtu (1/10/2022).

Even yang baru pertama kali diadakan ini cukup menantang. Terbukti sejumlah pembalap nasional dan luar daerah ikut ambil bagian. Masing-masing pada dua nomor, masing-masing Grand Fondo 121 kilometer dan Grand Fondo 71 kilometer.

Menyusuri jalur wisata di wilayah Purbalingga, pesepeda menempuh jalur dari titik start di Pendapa Dipokusumo menjelajah desa-desa di wilayah kecamatan Kalimanah, Kemangkon, Bukateje, Kejobong, Pengadegan melintasi Jembatan Merah di kecamatan Karangmoncol, Monumen Jenderal Soedirman di kecamatan Rembang. Terus ke arah barat melewati kecamatan Kertanegara, Karanganyar, Bobotsari, Mrebet dan mencapai titik finish di Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) di kecamatan Bojongsari pada sore hari.

Panitia Soedirman Gran Fondo, Mohammad Leonardo mengumumkan pembalap nasional berhasil menguasai nomor Master dan Men Elit. Pada Kategori Master A juara pertama diraih Viktor Hadi (Malang), juara kedua direbut Yosua Dedi (Purwokerto) dan juara ketiga Yuli Supriyanto (Cilacap).

Pada kategori Master B juara pertama diraih Sunaryo (Kebumen), juara kedua Karyono (Karawang) dan juara ketiga Wahyu Widodo (Purwokerto). Di kategori Men Elit, juara pertama diraih Slamet Juangga (Medan), juara II Ilham Dzikri (Jombang) dan juara III Agung Ali (Tulungagung).

Kategori Men Open juara I diraih Brilian Prasetyo (Bantul), juara II Yoga Ridwan Efendi (Purwokerto) dan juara III Firman Sahid (Cirebon). Pada kategori Women Open dikuasai pembalap dari Purwokerto. Masing-masing juara I diraih Akila, juara II Selvi dan juara III Evi Kim.

“Pembalap Purbalingga Raditya Etho mampu menjadi juara di nomor junior. Pembalap Banjarnegara Abror Damar berada di urutan kedua,” ujarnya. (Rus)

Kredit

Bagikan