OSIS SMK Dirgantara Putra Nonbar Film G 30 S PKI

user
Tomi Sujatmiko 02 Oktober 2022, 17:27 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Osis SMK Dirgantara Putra Bangsa mengadakan Nobar film G 30 S PKI. Kegiatan ini dimaksudkan agar generasi muda mengetahui adanya sejarah kelam bangsa Indonesia yang menjadi korban rencana kudeta.

Ditambah lagi, untuk mengungkapkan bahwa pada masa lalu ada Partai Komunis Indonesia (PKI) yang diduga kuat menjadi dalang di balik pemberontakan itu. Melalui pemutaran film ini peserta didik diminta untuk selalu mewaspadai segala hal yang terkait G30S/PKI. 

Chelsiea Lia Putri Ketua Panitia Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (1/10) mengatakan, ini adalah salah satu program OSIS dalam giat Bela Negara. 

Lebih lanjut, Chelsiea menyampaikan bahwa kelompok Gerakan 30 September yang terkait PKI sudah dilarang negara, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 1/3/1966 tentang Pembubaran PKI, kemudian dikuatkan dengan dikeluarkannya Tap MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia, Pernyataan Sebagai Organisasi Terlarang di Seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia.

Peraturan sudah ada dan jelas, sehingga buat generasi muda saat ini sangat penting untuk diketahui, karena sejak 2002 film ini sudah tidak pernah lagi ditayangkan dengan berbagai pertimbangan tertentu.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Aditya Tito Aji Darmawan, M.Pd selaku Waka Kesiswaan SMK Dirgantara Putra Bangsa.

“Pesan moral dari nobar kali ini adalah setiap orang mempunyai tanggung jawab moral untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila dengan mengajak generasi muda untuk mengkaji ulang Pancasila dan UUD 1945 yang diamandemen. Adapun tujuan event ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri peserta didik, juga untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang gugur, serta meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa pejuang kemerdekaan dan nasional dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia, tegas Adit.

Selain kegiatan nobar film, SMK Dirgantara Putra Bangsa bersama komite sekolah mengadakan senam bersama warga sekitar dan peserta didik SMP di wilayah kota Yogyakarta. Kegiatan ini dimaksudkan agar warga sekitar dan SMP lebih mengenal SMK Dirgantara. Tidak ketinggalan pula anggota TNI AU Yogyakarta yang turut hadir. 

Pada kesempatan ini panitia dan kepala SMK juga mengharapkan agar dapat terjalin hubungan yang baik antara SMK Dirgantara, warga, dan SMP-SMP di lingkungan sekitar SMK.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan ketua komite SMK Dirgantara Putra Bangsa, Suryaningsih radya Rahman, kami mengadakan senam bersama di SMK Dirgantara Putra Bangsa dengan mengajak semua unsur dan komponen masyarakat dengan banyak door prize yang telah disediakan panitia untuk menjadi penyemangat dan bentuk rasa syukur atas nikmat hari ini. 

Kegiatan nobar dan senam ini juga didukung penuh oleh seluruh warga SMK Dirgantara Putra Bangsa, seperti yang disampaikan oleh Humas SMK Dirgantara, Yuni Asih.

"Ini merupakan program sekolah bidang pengabdian masyarakat yang melibatkan seluruh unsur sekolah, baik komite, warga sekolah, dan masyarakat sekitar." 

Yuni menjelaskan kegiatan senam ini diharapkan dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh yang sangat dibutuhkan sehingga dapat beraktifitas dengan maksimal. 

Selain itu juga, kegiatan ini diharapkan dapat lebih mengenalkan program SMK Dirgantara Putra Bangsa pada warga di luar SMK. (*)

Kredit

Bagikan