Pemkab Temanggung Terus Berusaha Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Tembakau

user
Danar W 02 Oktober 2022, 19:10 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Pemerintah Kabupaten Temanggung terus berusaha dalam peningkatan kualitas dan kuantitas tembakau. Sebab budidaya tembakau telah menjadi kultur masyarakat sehingga yang dicari adalah tembakau berkualitas terbaik dengan kuantitas terbesar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto Minggu (2/10/2022) mengatakan menanam dan mengolah tembakau sudah menjadi kultur masyarakat. Maka itu berbagai upaya dilakukan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas yang mampu meningkatkan kesejahteraan.

Dia mengatakan dari pembenihan ada pemurnian dan pengembangan. Kini varietas kemloko yang cocok di tanam didaerah tersebut telah mencapai kemloko 9. Masyarakat yang ingin mendapatkan benih tembakau dapat ke kantornya, benih tersebut gratis.

"Tahun ini kami membagikan 110 kg benih tembakau pada petani," kata dia.

Dikatakan upaya lain adalah memberikan pupuk untuk tanaman tembakau. Yang biasa digunakan adalah Za. Kini pemerintah telah mencabut subsidi pupuk untuk tembakau.

Pemerintah katanya hanya mensubsidi subsidi Urea dan NPK. Petani harus membeli pupuk Za dengan harga non subsidi. Tercatat pupuk Za ini teralokasi ke tembakau sekitar 4000 ton.

Sebenarnya, katanya pemkab juga membagikan pupuk fertila dan KNO Untuk petani yang disalurkan melalui 500 kelompok tani. Kira-kira harga Fertila Rp 13 ribu per kilo dan KNO sekitar Rp 26 ribu per kilogram. Per kelompok tani menerimas sekitar 15 kuintal.

Anggota DPRD Kabupaten Temanggung Mahbub mengatakan DPRD terus mendukung upaya pemerintah daerah dalam perbaikan tata niaga tembakau, selain di onfarm atau budidaya tembakau di lahan. "Usaha terus dilakukan dengan target mampu menyerap tembakau petani dan berdampak peningkatan kesejahteraan," kata dia.

Dia mengatakan tembakau telah mendarah daging di Temanggung. Selain itu tembakau nyatanya mampu menggerakkan perekonomian di Temanggung. Jika tembakau sedang berpihak pada petani, sektor lain akan bergerak positif, namun jika tembakau lesu maka laju perekonomian juga ikutan lesu. (Osy)

Kredit

Bagikan