PKS Kota Yogyakarta Bangkitkan Potensi Wisata Bantaran Kali Code

user
Ivan Aditya 02 Oktober 2022, 21:53 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - DPD PKS Kota Yogyakarta mendorong penyebaran destinasi wisata yang tidak hanya terpusat di area-area keramaian, yang selama ini telah lazim menjadi jujukan banyak wisatawan. Salah satu yang dilakukan dengan membangkitkan potensi di bantaran Kali Code sebagai magnet baru destinasi wisata.

Demikian mengemuka saat mereka menggelar acara bertema 'Pasar Kita Semua' sebagai Bazar UMKM, Minggu (02/10/2022) di Kampung Wisata Jetisharjo Jetis Kota Yogyakarta. Rangkaian acaranya antara lain senam pagi, bazar UMKM oleh warga setempat cooking class serta pemberian doorprize.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Yogyakarta, Muhammad Fauzan mengatakan PKS bersama penggerak wisata Code Jetisharjo mengadakan Pasar Kita Semua sebagai upaya untuk menguatkan destinasi wisata di bantaran Kali Code.

"Karena Yogyakarta ini yang dilewati tiga kali besar salah satunya Kali Code, dan banyak sekali warga yang tinggal di bantaran Kali Code. Maka ini jika digarap dengan baik akan membangkitkan masyarakat di bantaran kali code," terang Anggota Komisi A DPRD Kota Jogja tersebut, di sela-sela acara.

Ketua RW 7 Jetisharjo Ahmad Hermawan mengatakan bazar UMKM yang dilaksanakan merupakan program kerjasama dengan kampungnnya yang telah memprogramkan Pasar Minggon di bantaran kali. Pasar Minggon sendiri telah dilaksanakan sejak awal 2021 paska pandemi.

"Karena pandemi selama dua tahun tidak ada kegiatan aktivitas yang melibatkan banyak orang, maka setelah lepas pandemi kami kemudian membuka Pasar Minggon. Pasar ini aktif setiap hari minggu pagi, di sini juga bisa live musik, senam, jalan sehat, masak, tarian, sangat variatif kegiatannya," ungkapnya.

Menurutnya, diadakannya Pasar Minggon memiliki banyak tujuan. Antara lain sebagai upaya menggerakan roda ekonomi masyarakat lokal terutama bagi para pelaku UMKM, sebagai pusat pembelanjaan baru, sebagai ruang sosial sekaligus untuk membangkitkan dan mempromosikan destinasi wisata kuliner maupun wisata alam.

"Di kampung ini delewati bentangan Kali Code sepanjang kira-kira 1-1,5 kilometer terdapat juga tiga titik mata air, pernah juga digunakan untuk rafting, " katanya.

Di kampung tersebut sendiri ada lebih 100 rumah warga dengan warna cat seragam, kombinasi biru-putih. "Nah, berkenaan penyeragaman warna itu kampung kami terpilih meniru salah satu destinasi yang berada di Yunani Eropa. Di sini hanya kopi paste saja," ungkapnya.

Perwakilan DPD PKS Kota Yogyakarta, Bambang Anjar Jalumurti mengatakan melalui Pasar Kita Semua tersebut PKS ingin memberikan kontribusinya kepada para pelaku UMKM untuk kembali bangkit paska pandemi saat ini.

"PKS sendiri memiliki banyak program untuk memberikan support kepada para pelaku UMKM. Baik itu melalui pendampingan usaha, bantuan, pelatihan, seperti hari ini ada expo UMKM lokal," terang Ketua Anggota DPRD Kota Yogyakarta itu.

Adapun Asekda Perekonomian dan Pembangunan Kadri Renggono yang hadir mewakili Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi mengatakan Pemkot Yogyakarta memiliki konsen untuk terus mengembangkan kegiatan UMKM dan hal itu diperlukan hubungan yang sinergis berbagai pihak.

Kadri juga mengapresiasi kegiatan bazar UMKM tersebut yang memilih lokasi justru di bantara kali. "Dan hari ini teman - teman PKS mencoba untuk mengekplorasi potensi di Kemantren Jetis. Harapannya bisa menggerakan ekonomi, mensejahterakan masyarakat dan juga mampu menyerap tenaga kerja," tuturnya. (*)

Kredit

Bagikan