Pemkab Sukoharjo Gencarkan Gemarikan di Sekolah

user
Tomi Sujatmiko 03 Oktober 2022, 15:11 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo gencarkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Bagi Anak Usia Sekolah untuk meningkatkan derajat kesehatan di SDN Nguter 01, Senin (3/10).

Gemarikan akan terus digelar secara bergantian diseluruh wilayah di Kabupaten Sukoharjo melibatkan anak-anak, ibu hamil dan menyusui, stunting hingga lanjut usia.

Camat Nguter Ariyanto Mulyatmojo mengatakan, Gemarikan digelar di SDN Nguter 01 dengan diikuti siswa dari SDN Nguter 01 hingga SDN Nguter 05. Ratusan siswa siswi ikut serta dalam kegiatan untuk memasyarakatkan makan ikan. "Siswa sekolah menjadi salah satu sasaran penting meningkatkan derajat kesehatan melalui Gemarikan. Ikan menjadi pilihan menu makanan anak agar tetap tumbuh kembang menjadi anak cerdas dan sehat," ujarnya.

Pemerintah Kecamatan Nguter sudah gencar mengkampanyekan Gemarikan di masyarakat. Termasuk di sekolah dengan mengenalkan senam Gemarikan, menu makanan ikan sampai ternak ikan."Kami terus berupaya meningkatkan kesehatan anak melalui pemenuhan gizi. Salah satunya lewat potensi ikan yang besar di Kecamatan Nguter," lanjutnya.

Potensi tersebut dijelaskan Ariyanto mengingat Kecamatan Nguter memiliki Dam Colo sebagai sumber pertanian dan perikanan. Air dari Dam Colo mengalir jauh hingga lintas kabupaten perlu dimaksimalkan. "Banyak orang memancing ikan, bahkan saat pintu air Dam Colo Nguter ditutup banyak orang menangkap ikan. Ini salah satu potensi. Dan lainnya dibeberapa desa di Kecamatan Nguter juga banyak tumbuh peternak ikan dengan melibatkan warga," lanjutnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno mengatakan, Gemarikan dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo setiap tahun. Gemarikan digelar dengan menginovasikan situasi berkembang dan prioritas pada kegiatan yang dikolaborasikan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Untuk kegiatan kali ini Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo fokus pada anak sekolah di wilayah Kecamatan Nguter khususnya di SDN Nguter 01. Total ada 400 anak atau siswa sekolah ikut serta dalam Gemarikan. Kegiatan diawali dengan edukasi, senam bersama dan pembagian paket dari Pemkab Sukoharjo untuk siswa sekolah. Masing-masing paket berisi makanan siap santap ikan, susu dan snack berbahan dasar ikan dibagikan gratis. (Mam)

Kredit

Bagikan