Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Bakal Gelar Kongres XXII

user
Agusigit 04 Oktober 2022, 18:22 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa akan menyelenggarakan Kongres XXII Persatuan Tamansiswa di Pendapa Tamansiswa, Jalan Tamansiswa 25 Yogyakarta, mulai Selasa (25/10) hingga Jumat (28/10) mendatang. Terkait dengan pelaksanaan Kongres XXII tahun 2022 tersebut panitia penyelenggara mengadakan kunjungan silaturahmi dengan Pemred KR Drs H Octo Lampito MPd, di ruang redaksi KR, Selasa (4/10).

Ketua I panitia penyelenggara Kongres Ki Dr Saur Panjaitan XIII mengatakan, dalam Kongres ini nanti akan dihadiri sekitar 400-500 peserta dari 125 cabang Persatuan Tamansiswa yang ada di berbagai kota di Indonesia, di antaranya Sumatera, NTT, Maluku, Jawa dan DIY sendiri sebagai tuan rumah. Mereka yang hadir nanti kapasitasnya sebagai utusan, peninjau dan penggembira.

"Dari 500 peserta yang bakal hadir di Kongres tersebut, paling banyak dari Jawa," ujar Saur Panjaitan.

Saat beraudiensi dengan Pemred KR, Saur Panjaitan didampingi panitia lainnya, Ki Mudjijono BA SE( Ketua II), Ki Harianto STP MSi (Bendahara), Nyi Hermin Tri Prasetyowati SPd MPd (Sekretaris), Bidang Publikasi: Ki Warisman, Ki Annas Satria Ispawardani dan Ki Dicky Satria Pamungkas. "Maksud kami mengunjungi KR, selain mempererat tali silaturahmi antara Persatuan Tamansiswa juga yang lebih penting lagi agar kongres yang akan digelar nanti bisa tersiar dan menjadi informasi publik," sambung Saur.

Lebih lanjut dikatakan, peserta kongres terbagi 5 daerah wilayah bimbingan yaitu 1. wilayah Subaria (Sumatera Utara, Sumatera Baratdan Kepulauan Riau). 2. Wilayah Sumselalu (Sumatera Selatan, Lampung dan Bengkulu), 3. Wilayah Jabarjaya (Jawa Barat dan Jakarta Raya), 4. Wilayah Jateng-DIY (Jawa Tengah dan DIY) dan 5. Wilayah Bimbingan Jatim yang meliputri Jawa Timur, NTT hingga Pulau Morotai di Maluku Utara.

"Khusus untuk acara pembukaan Kongres dilakukan secara bersamaan dengan organisasi otonom yang ada di lingkungan Tamansiswa. Sedangkan Organisasi Otonom alumni Tamansiswa PKBTS sudah berkongres tahun 2021 yang lalu," sambung Saur Panjaitan.

Menurut Saur, tema Kongres, merupakan lanjutan dari tema HUT 1 Abad Tamansiswa, di mana pada acara HUT 1 abad, adalah menggelorakan kebersamaan dan keteladanan Bapak Pendidikan Nasional. Sedangkan Kongres XXII, di dalam memulai abad ke-2nya mengusung tema tertib, damai, salam dan bahagia. "Hal itu, sesuai dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara,' Tertibdan damai. Itulah tujuan kita yang setinggi-tingginya,"ungkap Saur Panjaitan.

Berdasarkan azas Tamansiswa,'Suci Tata Ngesti Tunggal', dengan suci batinnya, tertib lahirnya menuju kesempurnaan , sebagai janji yang harus diamalkan oleh tiap-tiap peserta perjuangan Tamansiswa. "Hak untuk mengatur dirinya sendiri, selaras dengan perannya di dalam kegiatan bermasyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Octo Lampito mengatakan, tetap akan mendukung penyelenggaraan kongres Persatuan Tamansiswa XXII. "Karena antara KR dan Tamansiswa saling bersinergi. Semoga kongres Tamansiswa nanti bisa berjalan sukses dengan memilih formatur sesuai yang diharapkan," ujarnya. (Rar)

Kredit

Bagikan