SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Gelar Sholat Ghaib Bagi Korban Kanjuruhan

user
Ivan Aditya 04 Oktober 2022, 18:29 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggelar sholat ghaib dan doa bersama untuk korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Selasa (04/10/2022). Kegiatan dilaksanakan di aula sekolah setelah Sholat Dhuhur dengan diikuti oleh ratusan siswa-siswi serta guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Sebelum diadakan sholat, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Suwahono SPd memberikan sambutannya. Ia mengajarkan tentang bagaimana cara siswa mencintai sepakbola, mengingat banyak siswa sekolah ini yang bermain di klub Yogya dalam Piala Soeratin DIY dan juga banyak siswa yang menjadi suporter klub Yogya.

"Mencintai sepak bola maupun klub boleh-boleh saja, namun jangan terlalu fanatik sehingga justru malah menghilangkan nilai-nilai sportivitas dalam olah raga. Memberikan dukungan dan mencintai klub sewajarnya dan tetap sportif," kata Suwahono.

Ia menambahkan edukasi suporter bagi anak-anak khususnya usia pelajar menjadi penting bagi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, mengingat banyak korban di Stadion Kamjuruhan merupakan anak-anak usia sekolah. Suwahono berharap tragedi Kanjuruhan tidak terjadi di Yogya maupun daerah lain dan biar itu menjadi insiden dalam dunia sepak bola yang terakhir serta tak terulang lagi.

Salah seorang siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Carel Anugrah mengaku sangat berduka atas kejadian yang menimpa para korban di Kanjuruhan. Siswa kelas 9 ini mengapresiasi apa yang dilakukan sekolahnya dengan melakukan doa bersama dan sholat ghaib.

"Saya mencintai sepakbola, melihat di televisi seperti itu rasanya sedih. Alhamdulillah sekolah menggelar acara ini, jadi saya bisa turut mendoakan mereka," kata kelas 9 yang merupakan pemain Mataram Utama U-15 tersebut. (*)

Kredit

Bagikan