Wayang Kulit Acara Puncak Kemah Bakti SMPN 2 Temanggung

user
Tomi Sujatmiko 05 Oktober 2022, 20:36 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - SMPN 2 Temanggung menggelar kemah bakti dan panen karya projek sebagai penguatan penguatan profil pelajar Pancasila, di Desa Keblukan Kecamatan Kaloran, Rabu (5/10).

Sejumlah karya pelajar dipamerkan baik yang berujud fisik maupun karya seni. Karya wujud fisik seperti berbagai kerajinan sedangkan non fisik diantaranya tari gerabah lemah, tari Gambyong dan tari Kuda Lumping. Sedangkan pemuncak acara berupa pementasan wayang kulit oleh dalang cilik, Jagad dengan lakon tumuruning mahkota rama. Sebelum pementasan itu dilakukan baksos berupa pemberian paket sembako pada 200 warga kurang mampu.

Kepala SMPN2 Temanggung, Pasir Spd mengatakan kemah bakti sebagai kegiatan tahunan dan tahun ini dipilih di Desa Keblukan. Melalui kemah bakti diharapkan siswa bisa mengetahui kehidupan masyarakat dan mengembangkan karakter. "Tahun ini karena masih pandemi Covid-19 sehingga tidak ada berkemah, tetapi berkegiatan satu hari di lokasi. Siswa melakukan baksos, semua pendanaan dari siswa," kata dia.

Dia mengatakan panen projek dimaksudkan untuk menampilkan hasil karya siswa dalam sebuah pameran, serta seni pertunjukkan. Sekolah berusaha menggali kemampuan siswa sebagai salah satu pembentukkan karakter untuk masa depan kelak.

"Menjadi kewajiban sekolah penggerak untuk menampilkan hasil karya dari siswa," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo menyambut baik kegiatan panen karya, sebab sebagai akhir dari program sekolah penggerak. Di Temangung untuk jenjang SMP ada 10 sekolah penggerak, SD 35 penggerak dan dan PAUD 20 sekolah penggerak.

"Panen karya SMPN 2 Temanggung amat spesial karena terdapat tema dan melibatkan komponen masyaraat khususnya di Desa Keblukan," kata Agus Sujarwo.

Dia mengatakan kegiatan SMPN 2 Temanggung sebagai tren positif sebab dunia pendudikan memang harus dekat dengan masyarakat. Harapan panen karya seperti ini bisa dilakukan oleh sekolah penggerak yang lain.

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Temanggung Erda Wahyudi mengatakan pembentukkan karakter akan terlihat dari karya yang dihasilkan. Maka itu kegiatan oleh SMPN 2 Temanggung sebagai wujud pembentukan dan melihat hasilnya. "Kami menyambut positif panen karya ini, harapa ditiru sekolah lain," kata dia. (Osy)

Kredit

Bagikan