Sedekah Laut Pantai Baron Dibanjiri Ribuan Wisatawan Luar Daerah

user
Danar W 05 Oktober 2022, 22:15 WIB
untitled

Krjogja.com - WONOSARI – Masyarakat dan nelayan pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul menggelar menggelar ritual sedekah laut di Pantai Baron, Tanjungsari Rabu (05/10/2022). Terdapat sejumlah gunungan berisi sesaji seperti kepala kambing, dua ekor ayam, nasi uduk, ingkung dan ubo rampe lain dibawa ke Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Iring-iringan bergodo, bersama enam wanita pembawa karangan bunga turut meramaikan kirab gunungan disaksikan ribuan masyarakat dan wisatawan.

”Sedekah laut ini merupakan ungkapan syukur warga sekitar pantai kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam,” kata Panewu Tanjungsari, Edy Sedono.

Upacara sedekah laut dan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa ini dilaksanakan dengan dilakukan doa bersama agar masyarakat kawasan pesisir, nelayan dan wisatawan diberikan keselamatan. Kegiatan ini rutin digelar sebelum puncak panen ikan yang biasanya terjadi di Pantai Baron pada akhir tahun.

Upacara budaya ini juga mensyukuri atas anugerah lautan yang saat ini menjadi salah satu sumber penghasilan warga yakni sebagai tempat menangkap ikan dan kunjungan wisatawan.“Pantai Baron selain menjadi daerah tujuan wisatawan, juga kawasan tempat menangkap ikan yang berlimpah,” imbuhnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto ikut menyaksikan prosesi Sedekah Laut ini dari awal hingga akhir. Ia juga ikut melarung atau melepas seserahan dan sesaji yang disiapkan. Wabup Heri Susanto berharap ada sinergi lintas sektor agar tradisi ini bisa dijaga dan diangkat sebagai daya tarik wisata. Apalagi tradisi ini sudah menjadi kearifan lokal setempat.

"Tradisi ini jadi bagian dari keistimewaan kita yang harus terus dilestarikan," tutupnya.(Bmp)

Kredit

Bagikan