Lions Club Srimanganti dan Ace Jogja Bersihkan Malioboro

user
Tomi Sujatmiko 06 Oktober 2022, 09:07 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Lions Club Srimanganti, organisasi nirlaba yang bergerak dalam pelayanan dan pengabdian untuk masyarakat, melakukan aksi bersih bersih pungut sampah di sepanjang trotoar Malioboro (26/09) dengan mengajak ACE Urip Sumoharjo Yogyakarta, sebuah perusahaan retail perkakas dan gaya hidup terlengkap yang mengusung slogan ACE The Helpful Place. 

Acara yang berlangsung dari pagi mulai pukul 6.30 wib selama 2 jam efektif ini, dikomando oleh project officer Marry Elizabeth yang dipanggil Lion Marry. 

"Salah satu bidang fokus kegiatan Lions Clubs di bidang Environment Service Activity ini, kami lakukan di Malioboro, pusat wisata, perbelanjaan dan ikon Yogyakarta, dengan mengajak ACE Jogjakarta sebagai bentuk untuk menjunjung tinggi komitmen perusahaan dan masyarakat, berkolaborasi dalam menjaga dan merawat lingkungan sekitar, yang diharapkan menjadi inspirasi dan diikuti oleh semua pihak ", ujar Lion Marry yang didampingi Markus Dwi Melandri Saputra selaku Presiden Lions Srimanganti, Esti Prasetyaningsih selaku Treasure, Gregorius Arief Febrianto selaku Sekretaris dan Sekar Tyas Nareswari member Lion yang juga Store Manager Ace Urip Sumoharjo Yogyakarta. 

Marry memaparkan selain beberapa bekas bungkus plastik minuman dan makanan, banyak ditemukan puntung rokok di sepanjang trotoar. Hal itu tidak hanya merusak pemandangan, namun ada beberapa yang terselip dipetak tanah yang ditumbuhi pohon, yang dikhawatirkan dapat meracuni tanah karena mengandung zat kimia berbahaya yang terdapat dalam puntung rokok di antaranya adalah nikotin, arsenik dan logam berat dan sulit terurai dalam tanah. 

"Sebenarnya memprihatinkan, meskipun banyak tempat sampah yang sudah tersedia, agaknya perokok enggan beranjak saat membuang sisa puntungnya sebab dianggap sampah kecil, dan ada yang diselip-selipkan di sekitar bawah pohon, sembarangan tempat dan terakumulasi jumlahnya karena sepertinya tidak memikirkan dampaknya. Dan ajakan dari Lions Club Srimanganti ikut kegiatan peduli lingkungan ini, tentunya sangat didukung oleh Ace dulu pernah melakukan kegiatan serupa yakni kegiatan bersih-bersih daerah Malioboro dan Pantai Parangtritis", ujar Sekar Tyas Nareswari selaku Store Manager Ace yang ikut dalam aksi sosial, bersama 15 team karyawan Ace Urip Sumoharjo dengan menyediakan kantong sampah dan sarung tangan. 

Lion Allan, panggilan akrab Presiden Lions Club Srimanganti mengaku lega karena acara berjalan dengan lancar meskipun disambut hujan gerimis menjelang usai. Tampak beberapa pejalan kaki juga ikut mengabadikan dengan video dan foto sembari menyambut baik kegiatan yang dilakukan dan ada yang ikut membuang sampahnya pada kantong plastik yang dibawa oleh para relawan. 

"Lion Clubs Srimanganti dalam semester kedua ini telah berhasil mengelar baksos untuk para Veteran dengan membagi sembako, lalu bergabung dengan Lions Club yang lain mengelar senam massal dan cek gula darah dan ini merupakan kegiatan ketiga yang berfokus pada lingkungan hidup. 

Dalam periode sekarang, ada 5 fokus yang perlu digarap para relawan member yaitu kegiatan yang fokus pada diabetes, childhood cancer, relieving the hunger, vision dan environment yang tentunya kegiatan aksi sosial ini membutuhkan dukungan selain dari member Lions juga dari instansi, perusahaan serta pihak-pihak yang mempunyai keinginan pengabdian membangun sinergi untuk dampak lebih baik bagi masyarakat", pungkas Lion Allan. (*)

 

 

Kredit

Bagikan