Tari 'Yapong' Massal di Titik Nol Bakal Meriahkan Ultah Bagong Kussudiardja

user
Agusigit 06 Oktober 2022, 11:45 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Acara 'Tanda Cinta untuk Pak Bagong, Maestro Seni Pendukung Keberagaman Negeri' yang rencana digelar Sabtu (8/10/2022) di Pelataran Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, mengusik hati Butet Kartaredjasa. Acara yang digelar oleh Komunitas Bakul Budaya, akronim dari Bareng-bareng Kumpul di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia ini sebagai bentuk apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kiprah Bagong Kussudiardja dalam bidang seni dan budaya Indonesia sekaligus untuk memperingati 94 tahun hari kelahiran sang maestro.

Komunitas tersebut mengajak membawakan Tari 'Yapong' secara massal. Pesertanya ratusan penari, mahasiswa, dosen, para penari dari sanggar-sanggar, profesional, komunitas ibu-ibu, dan masyarakat umum. Tari 'Yapong' merupakan karya Bagong, kelahiran 9 Oktober 1928, yang memang sangat populer.

Butet Kartaredjasa, salah satu anak Bagong yang mendapat kabar itu Selasa lalu sangat terharu. Saat disampaikan kepada Didik Nini Thowok, seorang murid Bagong, seketika berinisiatif untuk menggelar kegiatan serupa dengan mengerahkan murid-muridnya.

“Yang di Jakarta saja merayakan Pak Bagong, mosok yang di Yogya tidak," tutur Butet mengutip ucapan Didik, Kamis (6/10/2022).

Disepakati, kegiatan digelar di titik nol kilometer Kota Yogyakarta ini, Minggu (9/10/2022) pukul 09.00 WIB. Para penari Pusat Latihan Tari (PLT) Bagong Kussudiardja dan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja juga akan menari. Beberapa sanggar tari di Yogya juga akan gabung. Selain itu masih terbuka untuk siapa pun yang tertarik dan mungkin pernah membawakan Tari 'Yapong' untuk bergabung.

“Bagi saya, ini sebuah apresiasi yang sangat bermakna bagi leluhur kami. Bahwa yang dikerjakan almarhum Pak Bagong semasa hidupnya tidak sia-sia. Api kreatifnya masih menyala sampai hari ini. Terima kasih untuk doa dan apresiasinya," kata Butet. (Ewp)

 

Kredit

Bagikan