Dituntut Selalu Profesional, Unwahas Sumpah 42 Apoteker Baru

user
Agusigit 06 Oktober 2022, 05:25 WIB
untitled

 
SEMARANG - Sebanyak 42 mahasiswa lulusan Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang diambil sumpah sebagai apoteker baru di Hotel Noormans, Rabu (5/10/2022).
 
Pengambilan sumpah dilakukan oleh apt Dra Sri Sulistyati MM dari Konsil Kefarmasian disaksikan Dewan Sidang terdiri Rektor Unwahas Prof Dr H Mudzakkir Ali MA, Kaprodi PSPA apt Risha Fillah Fithria MSc, Dekan Fakultas Farmasi Dr apt Maulita Cut Nuria MSc dan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia apt Arief Sidharta Buana SSi.
 
Selanjutnya, usai menjalani Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Angkatan XX ini, dilakukan penyerahan apoteker baru kepada Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Jawa Tengah apt Suwardi SSi MM dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Staf Seksi Farmasi, Makanan Minuman, dan Perbekalan Kesehatan apt Dhesy Werdhi Prasetyanti SFarm.
 
Pejabat Konsil Kefarmasian apt Dra Sri Sulistyati MM menyampaikan sumpah apoteker sebagai momentum penting bagi apoteker, juga sebagai momentum sumbang bakti pada negara dan bangsa. Apoteker baru ini pertama kali disumpah oleh Konsil Kefarmasian yang sebelumnya diambil sumpah oleh Komite Farmasi Nasional (KFN).
 
"Sumpah sebagai janji kepada Tuhan dalam menjalankan profesi.
Terus tingkatkan kompetensi anda, jadilah long life learner, berinovasi melalui penelitian, konsisten menjaga profesi, dan jalin hubungan baik dengan profesi nakes yang lain. Apoteker juga harus mempunyai innovation (karya), attitude (budi pekerti) serta profesional (bertanggungjawab dan mengedepankan profesi) " ujar apt Dra Sri Sulistyati MM.
 
Sementara itu Rektor Unwahas Prof Dr H Mudzakkir Ali MA berharap apoteker baru segera berkontribusi pada kemanusiaan, khususnya di bidang kesehatan.
 
"Anda sudah sah, resmi dan legal dilantik sebagai apoteker baru. Semangat pengabdian harus ditingkatkan selalu dan sebagai ibadah serta kultur. Unwahas berharap bagi apoteker dari luar kota Semarang agar kembali ke daerah masing-masing untuk peningkatan kesehatan di daerahnya. Apoteker baru juga diharapkan selalu menjaga sikap, etika, dan budi pekerti Ahlussunnah waljamaah" ujar Rektor. 
 
Pada sumpah apoteker ke XX tersebut, terpilih sebagai lulusan terbaik Muhamad Iqbal Al Hakiem dengan IPK 3,94. (Sgi)

Kredit

Bagikan