Ada 41 Adegan, Pembunuhan Gadis Dibawah Umur Direkonstruksi

user
Tomi Sujatmiko 06 Oktober 2022, 19:11 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Polres Temanggung menggelar rekonstruksi pembunuhan gadis dibawah umur dengan tersangka Rom (17) warga Tretep dan korban Supriyati (17) warga Gemawang, Kamis (6/10).

Rekonstruksi digelar di TKP yakni rumah Rom di Dusun Bakal Desa Campurejo, Kecamatan Tretep Temanggung. Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi memimpin langsung rekonstruksi disaksikan perangkat desa, jaksa dan pengacara serta warga desa.

Terdapat 41 adegan dalam rekonstruksi, namun karena masih dibawah umur pelaku diperagakan peran pengganti. Pelaku melihat dari monitor ditempat terpisah serta diminta keterangan adegan sudah sesuai dengan kenyataan atau belum.

Sebelum rekontruksi petugas sempat menyisir lokasi sekitar lokasi pemakaman korban dan menemukan dua barang bukti yang dicari yakni celana dalam dan celana jins biru yang dipakai korban saat kejadian.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan rekonstruksi untuk mengetahui kesesuaian keterangan dengan tindak kejahatan yang terjadi dan dilakukan didasarkan alat bukti. "Ada 41 adegan, ternyata dari keterangan dengan bukti-bukti telah sesuai,"kata dia.

Dia menyampaikan rekonstruksi dimulai dari saat keduanya datang ke lokasi atau rumah Rom di Dusun Bakal Desa Campurejo, Kecamatan Tretep Temanggung, lantas minum ciu, melakukan hubungan badan dan tersangka mencekik korban hingga meninggal.

Diperagakan pula saat tersangka membersihkan muka korban yang mengeluarkan darah, membopong korban menuju ke gudang kosong yang berada di atas rumah tersangka dan menggali kuburan untuk memakamkan korban.

Dia menyampaikan barang bukti berupa celana dalam dan celana jins ditemukan petugas sebelum rekonstruksi. Dua barang tersebut dibuang tidak jauh dari tempat mengubur korban dengan maksud untuk menghilangkan jejak. "Barang bukti itu melengkapi barang bukti yang sudah ada," kata dia.

HALAMAN

Kredit

Bagikan