Tertib Ukur, 7 Pasar Rakyat Purbalingga Terima Penghargaan Kemendag

user
Tomi Sujatmiko 06 Oktober 2022, 19:26 WIB
untitled

Krjogja.com - PURBALINGGA – Tujuh pasar rakyat di Purbalingga ditetapkan sebagai pasar tertib ukur. Masing-masing Pasar Tobong, Kutasari, Padamara, Bobotsari, Kertanegara, Karanganyar dan Kutabawa. Walhasil, ketujuh pasar itu menerima anugerah penghargaan sebagai Pasar Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.


"Penghargaan diserahkan oleh Sekjen Kemendag Suhanto kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat kunjungan ke Kemendag Rabu (6/10/2022)," tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Purbalingga, Johan Arifin.

Latar belakang pemberian penghargaan itu, lanjut Johan karena di pasar tersebut lebih dari 70 persen alat ukur, takar, timbang dan perlengkapanya milik para pedagang di pasar tersebut telah di tera ulang oleh Unit Metrologi Legal Purbalingga. Dengan alat ukur, takar dan timbang yang selalu ditera oleh lembaga resmi, hak-hak konsumen dalam mendapatkan barang belanja terjamin dan terpenuhi sesuai dengan ukuran atau takaran yang dibelinya.

“Kami juga menempatkan petugas khusus di tujuh pasar itu yang mengawasi ketertiban dan ketetapatan alat ukur dan timbang sesuai dengan aturan.

 

Sekjen Kemendag, Suhanto meminta jumlah pasar rakyat di Purbalingga yang tertib ukur bisa terus bertambah. Permintaan itu direspon Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dengan komitmen mencanangkan zona integritas pelayanan metrologi lekal.

“Kami memiliki daya dukung. Salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM) UPTD Metrologi sebanyak 19 orang dan 30 orang juru timbang yang ada di masing-masing pasar rakyat,” ujarnya. (Rus)

Kredit

Bagikan