Tentara Sumbangkan Darah, Semarang Lampaui Target Donor

user
Danar W 06 Oktober 2022, 22:50 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - Sedikitnya 200 prajurit TNI dari AU, AL dan AD serta PNS, Kamis (6/10/2022) mengikuti donor darah yang digelar Kodim 0733 Kota Semarang dalam rangka HUT Ke-77 TNI.

Langkah Dandim 0733 Kota Semarang Kol Inf Honi Havana MMDS ini diapresiasi Ketua PMI Kota Semarang Dr dr Awal Prasetyo MKes Sp THT KL MARS.

"Kami sangat mengapresiasi Komandan Kodim yang telah menggelar kefiatan donor darah. Kegiatan ini sangat berarti bagi kemanusiaan, bagi mereka yang membutuhkan darah. Segingga Kota Semarang ini cukup bisa dikatakan stok darahnya berlimpah dan melampaui target yang dibutuhkan dan disediakan. Kami pun sering mensuplai daerah sekitar jika ada yahg kesulitan medapatkannya. Kebutuhan kami tercukupi lantaran banyaknya relawan pendonor darah, termasuk prajurit TNI, Polri dan PNS yang rutin mengikuti melalui gelaran donor darah," kata Dr Awal.

Meski demikian, Awal masih mengharapkan tumbuhnya para pendonor muda usianya kisaran 17 tahun hingga 30 tahun. Alasannya dari segi kualitas darah para pendonor muda dan membiasakan donor pada pendonor sejak remaja.

"Donor itu manfaatnya banyak, selain dampak pada kesehatan karena darah jadi fresh ada proses pembentukan kembali sel darah, juga berdampak psikologis. Makanya saya mengajak anak-anak muda agar tergerak donor darah," ungkap Dr Awal.

Sementara Kol Inf Honi Havana MMDS selalu berharap pada prajuritnya untuk rajin donor darah. Selain alasan untuk kemanusiaan, juga untuk kesehatan prajurit.

"Betul kata Dr Awal, Ketua PMI Kota Semarang. Orang yang sering donor tidak akan kekurangan dan kehilangan darahnya. Tubuh justru memproduksi darah baru yang tentu lebih fresh," kata Dandim 0733 Kota Semarang

Kerkaitan dengan HUT Ke-77 TNI, Kodim 0733 Kota Semarang salah satunya mengadakan donor darah dan penghijauan di kawasan latihan militer Meteseh.

"Penghijauan jni juga merupakan cara kami mendonorkan oksigen atau udara bersih kepada lingkungan. TNI dalam hal ini Kodim 0733 Kota Semarang di HUT Ke-77 TNI ingin bersama masyarakat bergerak untuk membantu pemerintah, antara lain menggelar kegiatan seperti Donor Darah dan Penghijauan," kata Honi. (Cha)

Kredit

Bagikan