Kulonprogo Raih Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan

user
Ivan Aditya 06 Oktober 2022, 19:48 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Pemerintah pusat melalui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Peringat I Nasional Tahun 2021 Kategori Sangat Baik dalam Penerapan Sistem Merit Manajemen ASN Tahun 2021 kepada Kabupaten Kulonprogo.

Sebelumnya, September 2022 lalu Pemkab Kulonprogo juga memperoleh 'BKN Award' untuk dua aspek sekaligus Kategori Kabupaten berdasarkan wilayah yakni Peringkat I Penilaian Kompetensi dan Peringkat IV Pemanfaatan Data dan Sistem Informasi Computer Assist Test (CAT) dalam Evaluasi Manajemen ASN Tahun 2022.

"Guna mewujudkan dan mendorong tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance khususnya pada aspek manajemen ASN di daerah maka KASN dan BKN melakukan evaluasi penilaian dan memberikan award/ anugerah bagi daerah yang berprestasi. Salah satunya Kabupaten Kulonprogo meraih predikat sangat baik hasil penilaian kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi," kata Pj Bupati Kulonprogo, Drs Tri Saktiyana didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) setempat Sudarmanto MSi mengutip pernyataan Ketua KASN Prof Dr Agus Pramusinto saat jumpa pers di Ruang Menoreh Kantor Bupati Kulonprogo, Kamis (06/10/2022).

Penghargaan diberikan langsung Ketua KASN Agus Pramusinto kepada Pjb Bupati Tri Saktiyana di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (06/10/2022). Penjabat Bupati Tri Saktiyana bersyukur atas anugerah tersebut sekaligus mengingatkan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Kulonprogo untuk selalu meningkatkan kinerja dengan menerapkan budaya kerja 'Berakhlak'.

"Ngarsa Dalem (Gubernur DIY) berpesan kepada kita untuk selalu mengukuhkan budaya kerja 'Berakhlak' yakni Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif," tegasnya.

Prestasi yang ditorehkan Kulonprogo ini mengandung konsekuensi yang tidak ringan. Selain harus terus meningkatkan kinerja juga berupaya maksimal mempertahankan prestasi yang telah diraih. Apalagi profinsi, kota dan kabupaten lain juga berusaha menjadi yang terbaik.

"Dalam mempertahankan prestasi ini kita mengacu lima kriteria dimensi yang jadi tolak ukur penialian sehingga Kulonprogo ditetapkan sebagai kabupaten terbaik tingkat Nasional dalam kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi yakni perencanaan pengisian jabatan harus cermat dan terprediksi. Kemudian pelaksanaan, pelaporan dan inovasi serta pelanggaran," ujarnya.

Kepala BKPP Sudarmanto mengatakan, Penghargaan KASN merupakan kali kedua diraih Kulonprogo. Sebelumnya penghargaan diberikan di Surabaya. Bagi Kulonprogo penganugerahan ini sangat berarti karena sistem merit menjadi tolak ukur kualitas tata kelola manajemen ASN.

"Ada tiga 'K' kerangka SimeritKu bahwa dalam proses perencanaan, pengembangan dan promosi karier ASN berdasarkan Kualifikasi, Kompetensi dan Kinerja. Semoga penghargaan dari KASN bermanfaat dan terus memotivasi ASN serta Pemkab Kulonprogo dalam menerapkan manajemen ASN berbasis Sistem Merit," kata Sudarmanto. (Rul)

Kredit

Bagikan