Produk Label SNI dari UMKM Kian Bertambah Banyak

user
Ivan Aditya 06 Oktober 2022, 20:55 WIB
untitled

Krjogja.com - SOLO - Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus mengawal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar semakin banyak yang menghasilkan produk ber-Standar Nasional Indonesia (SNI). Langkah ini sebagai upaya agar masyarakat semakin mudah mendapatkan barang-barang berkualitas.

UMK di Solo juga ikut didorong. "Di Solo SNI bina UMK ada 85 sementara ada 18 UMK difasilitasi. Targetnya ada tambahan 86 UMK," jelas Dr Zakiyah, Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN usai membuka Pameran Indonesia Quality Expo (IQE) di Solo Square Mall, Kamis (06/10/2022).

Menurut Zakiyah hingga kini secara keseluruhan ada sekitar 100 ribu UMK di Indonesia yang sudah difasilitasi BSN. Ia ingin usaha mikro kecil yang resikonya rendah didorong bisa konsisten dalam menerapkan SNI. Dengan semakin banyaknya produk ber-SNI, maka kesadaran masyarakat juga perlu ditingkatkan.

"Kesadaran masyarakat terhadap produk unggulan berstempel Standar Nasional Indonesia (SNI) perlu terus ditingkatkan," tandasnya. Salah satu upaya yang dilakukan BSN dengan menggelar pameran. Pameran menjadi ajang mengenalkan kepada masyarakat beragam produk ber-SNI.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri menambahkan dalam pameran IQE ke-10, BSN membuka booth yang menyediakan klinik standardisasi dan penilaian kesesuaian. Selain itu, BSN juga menampilkan produk-produk ber-SNI dari UMKM binaan BSN di Kota Solo dan sekitarnya. (Qom)

Kredit

Bagikan