19 Parpol Lolos Pemilu di Sukoharjo

user
Ivan Aditya 13 Oktober 2022, 15:41 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Sebanyak 19 partai politik (parpol) resmi menjadi peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Sukoharjo setelah lolos verifikasi administrasi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sebelumnya menerima berkas 23 parpol untuk diverifikasi. Berkas didaftarkan parpol melalui sistem informasi partai politik (Sipol).

Anggota KPU Sukoharjo Divisi Teknik Penyelenggara Syakbani Eko Raharjo, Kamis (13/10/2022) mengatakan, secara umum nasional total ada 40 parpol yang mendaftarkan diri menjadi calon peserta Pemilu 2024 di KPU RI. Dari jumlah tersebut diketahui hanya ada 24 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi. Ditingkat Kabupaten Sukoharjo ada 23 parpol yang mendaftarkan diri dan dilakukan tahapan verifikasi administrasi. Hasilnya diketahui hanya ada 19 parpol lolos syarat administrasi.

"KPU Sukoharjo sudah melaksanakan verifikasi administrasi. Nantinya masih akan dilanjutkan tahapan verifikasi faktual kelengkapan berkas," ujarnya.

KPU Sukoharjo setelah ini akan melakukan verifikasi dan validasi faktual terhadap berkas kelengkapan syarat setiap parpol. Mencocokan data lapangan dengan syarat yang diunggah di Sipol. Guna memastikan bahwa persyaratan benar dan sudah sesuai dengan aturan. Dalam tahap ini, parpol juga diberikan waktu perbaikan syarat dan apabila gagal melengkapi kekurangan syarat, maka kepesertaan parpol bersangkutan bisa di anulir atau dibatalkan.

"Ada parpol lama yang tidak memenuhi paliementary treshold di pusat, lalu ada parpol baru yang seluruhnya harus kami verifikasi lagi. Nah apakah parpol parpol ini nantinya akan lolos atau harus mengikuti seleksi pendaftaran lagi akan diketahui pada tahapan selanjutnya," lanjutnya.

Syakbani Eko Raharjo mengatakan, informasi-informasi dalam keputusan KPU Nomor 346/2022 sudah disosialiasikan. Diantaranya masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan oleh parpol melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dijadwalkan 15-28 September 2022. KPU memberikan kesempatan parpol melakukan perbaikan terhadap hasil BMS (Belum Memenuhi Syarat). (Mam)

Kredit

Bagikan