Dandim Semarang Ajak Warga Jiwai dan Amalkan Pancasila

user
Danar W 14 Oktober 2022, 12:50 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - Warga Kudu, Genuk Semarang mendapatkan materi pemantapan ideologi Pancasila dari Komandan Kodim 0733 Kota Semarang, Kol Inf Honi Havana, Jumat (14/10/2022).

Kegiatan yang digelar di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Kudu ini untuk menanamkan penjiwaan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila di setiap warga. Selain Dandim, hadir juga Kepala Kesbangpol Sapto Adi S dan Kapolsek Genuk AKP Ris Andrian Yudo Nugroho SH SIK MIK

Dandim menandaskan bahwa nilai Pancasila yang harus melandasi setiap jiwa warga tertuang pada 5 Sila. Dengan memahami dan mengamalkan kelima sila tersebut, maka akan tercipta manusia Indonesia yang memiliki karakter toleran, berjiwa sosial dan berkeadilan.

"Semangat Pancasila mari kita bangkitkan kembali, terutama pada anak-anak kita. Karena mereka itu lah generasi masa depan bangsa. Jangan ajari anak kita menjadi pembenci dan ingin menang-menangan sendiri, tapi harus jadi anak-anak yang memiliki kepekaan sosial dan toleran," ungkap Dandim.

Warga Kudu sangat antusias adanya penyululuhan Pancasila. Bahkan mereka menyambut baik akan dibentuknya Kampung Pancasila di Kudu Genuk Semarang.

Dandim pun akan segera mewujudkan Kudu sebagai Kampung Pancasila. "Kampung Pancasila ini akan menjadi model untuk mengedukasi warga. Salah satunya adalah penerapan ekonomi Pancasila. Kehidupan warga yang ada di dalam Kampung Pancasilan ini juga merupakan cerminan nilai-nilai Pancasila," ungkap Dandim yang disampaikan dalam forum TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke- 115 Tahun 2022.

Sebelumnya, Kamis (13/10/2022) kegiatan Penanaman Ideologi Pancasila juga dilakukan Dandim di Sekolah Terang Bangsa. Ada sekitar 800 pelajar menerima materi Pemahaman Pancasila di Holy Stadium.

Di usai acara, para pelajar tampak lebih semangat dan menyampailan komitmen untuk menjadi generasi Pancasila. (Cha)

Kredit

Bagikan