Purwokerto Tuan Rumah Jamselinas XI

user
Tomi Sujatmiko 18 Oktober 2022, 16:08 WIB
untitled

Krjogja.com - PURWOKERTO - Kota Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah menjadi tuan rumah penyelenggara Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke XI.

Ketua Tim Humas Panitia Pelaksana Jamselinas XI, Heru Listianto, Senin ( 17/10/2022) malam di Purwokerto mengatakan Komunitas Sepeda Lipat Indonesia (Indonesia Folding Bike/IdFB) menunjuk Purwokerto, Kabupaten Banyumas, menjadi tuan rumah. " Alasan karena komunitas sepeda lipat Purwokerto selama ini aktif mengikuti kegiatan tingkat nasional," kata Heru.

Jamselinas XI ini akan diikuti oleh 1500 peserta dari 34 perwakilan provinsi di Indonesia ditambah utusan
luar negeri dari Singapura dan Malaysia.

Peserta Jamselinas XI dari berbagai daerah tersebut akan tiba di Purwokerto pada hari Jumat (21/10/2022) untuk melakukan registrasi dan mengikuti sejumlah kegiatan.

Dari ribuan peserta, ada sejumlah peserta dari Jakarta yang akan bersepeda dalam perjalanannya menuju Purwokerto. Selain dari Jakarta juga akan ada peserta dari Makassar bersepeda dari Surabaya menuju Purwokerto.

Jamselinas XI yang akan digelar pada hari Sabtu (22/10/2022) itu diharapkan dapat menumbuhkan budaya bersepeda ramah lingkungan serta menumbuhkan perekonomian khususnya UMKM di Banyumas. Sehingga UMKM dan pariwisata di Purwokerto bisa tumbuh. Kami ingin berperan dalam kemajuan perekonomian daerah setempat.

Heru menambahkan dampak dari kegiatan ini dapat terlihat dari okupansi hotel di Purwokerto yang sudah meningkat hampir 100 persen menjelang Jamselinas XI. kemudian berbagai homestay dan tempat berkemah pun sudah banyak dipesan oleh para peserta Jamselinas XI.

Pelaksanaan Jamselinas XI, peserta akan diberangkatkan dari komplek wisata Menara Teratai Purwokerto Sabtu (22/10/2022) pukul 07.00 WIB menuju Ledug, kemudian Sokaraja, Pejerukan, Srowot, dan Pendopo Duplikat Sipaji Kecamatan Banyumas yang dijadikan sebagai lokasi Check Point I.

Di Pendopo Duplikat Sipanji, akan disuguhkan berbagai kesenian dan permainan tradisional Banyumas.
Selanjutnya peserta akan menuju wisata Taman Andhang Pangrenan Purwokerto melalui sentra batik Papringan, Patikraja, dan Gunung Tugel.

" Rute yang dilalui sebagian besar merupakan jalan-jalan di perkampungan karena dengan jumlah peserta sekitar 1. 500 orang riskan jika harus bersinggungan dengan jalan raya yang dilalui kendaraan-kendaraan besar," ungkapnya.

Diharapkan peserta Jamselinas XI bisa mengenal wisata, kuliner, seni, serta budaya yang tumbuh dan berkembang di wilayah selatan Banyumas.

Dalam pelaksanaan Jamselinas XI tersebut juga akan diisi dengan kegiatan-kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat di beberapa lokasi.(Dri)

Kredit

Bagikan