Belum Ada Kasus Gagal Ginjal Misterius di Wonogiri

user
Danar W 19 Oktober 2022, 09:10 WIB
untitled

Krjogja.com - WONOGIRI - Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyatakan belum ditemukan kasus gagal ginjal misterius pada anak di daerah Wonogiri. Meski demikian Pemkab bersama dinas terkait terus melakukan monitoring dan pengawasan intensif terhadap penyakit yang akhir-akhir ini menyedot perhatian banyak pihak itu.

"Saya pribadi menaruh perhatian khusus. Yang pasti belum ada temuan kasus gagal ginjal misterius pada anak di sini (Wonogiri)," ujar dia kepada wartawan di pendopo rumdin Bupati Wonogiri, Selasa (18/10/2022).

Sejumlah langkah antisipatif telah ditempuh. Menurut dia kasus gagal ginjal misterius pada anak yang akut bisa ditelaah salah satunya dari dari pola makan dan konsumsi keseharian anak.

"Maka kemarin atas pemberitaan yang cukup mengagetkan semua pihak, langkah awal yang kita lakukan adalah meminta kepada sekolah-sekolah untuk melakukan monitoring terhadap kantin-kantinnya," tegas bupati yang akrab disapa Jekek.

Jajanan yang ada di wilayah sekolah, ujarnya, harus dilakukan kualifikasi, baik standar kebersihannya dan aspek-aspek bahan baku olahannya.

"Kalau sekiranya itu memenuhi kualifikasi yang berpotensi menimbulkan gangguan ginjal pada anak maka harus diambil langkah-langkah antisipasi dan pencegahan," terang dia.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah nanti para pelaku ekonomi di lingkungan sekolah atau penjaja jajanan harus terbangun sebuah pemahaman baru. Yakni apa saja makanan yang layak untuk disajikan bagi anak. (Dsh)

Kredit

Bagikan