Enam Parpol Diverifikasi Faktual Kepengurusan dan Keterwakilan Perempuan

user
Ivan Aditya 19 Oktober 2022, 15:39 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR - Sebanyak enam partai politik (parpol) dijadwalkan menjalani verifikasi faktual (verfak) oleh KPU Kabupaten Karanganyar. Enam parpol itu non parliamentary threshold (PT) yang telah lolos verifikasi administrasi. Enam parpol itu yakni Partai Buruh, PSI, PKN, Hanura, Garuda dan PBB.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara pada KPU Karanganyar, Muhammad Maksum mengatakan telah menyampaikan urgensi verfak ke pengurus parpol di Karanganyar. "Enam parpol dijadwalkan verfak kepengurusan dan keterwakilan perempuan. KPU menyiapkan dua tim. Untuk Partai Buruh dan PSI pada Senin (17/10/2022) sedangkan PKN, Hanura dan Garuda pada Selasa (18/10/2022). Lalu PBB pada Rabu (19/10/2022)," kata Maksum, Rabu (19/10/2022).

Enam parpol tersebut lolos administrasi calon peserta pemilu 2024. Namun belum memenuhi PT di DPR RI. Dalam verfak, KPU akan mencermati kepengurusan seperti SK organisasi, ketua, sekretaris dan bendahara. Kemudian status kantor sekretariat apakah sewa ataukah milik sendiri. Dalam hal keterwakilan perempuan, KPU mencermati ihwal porsi 30 persen yang perlu diperhatikan parpol.

"Selain verfak, juga home visit ke rumah pengurus dan anggota Parpol. By name dan by addres untuk samplingnya sudah kami kantongi. Tinggal meluncur," katanya.

KPU melakukan verifikasi faktual hanya pada parpol yang anggotanya memenuhi ambang batas minimal. Di Karanganyar minimal keanggotaan parpol ada 936 orang.

"Ambang batas minimal 936 orang anggota parpol di Karanganyar atau 1/1000 dari total jumlah penduduk. Ada dua parpol yang enggak memenuhinya. Yakni Gelora dan Perindo. Jadi KPU tidak melakukan verfak ke dua parpol ini," katanya.

Untuk diketahui, KPU sedianya melakukan verifikasi faktual kepada 9 parpol calon peserta pemilu 2024. Sebelumnya, ada 18 parpol yang KPU dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Dari sembilan parpol, dua tak memenuhi ambang batas minimal jumlah anggota. Sedangkan satu parpol lagi, yakni Partai Ummat tak memiliki kepengurusan di Karanganyar.

"Verfak tak bisa lepas dari Sipol. Kami mengacu di Sipol. Sebenarnya diberi waktu verfak 21 hari mulai 16 Oktober setelah verfak dari KPU RI sampai KPU provinsi selesai, " katanya.

Wakil Ketua Ekskutif (Exco) Kabupaten Partai Buruh Karanganyar Candra Tri Cahyono, mengatakan verifikasi faktual Partai Buruh dihadiri langsung oleh Ketua KPU Karanganyar Triastuti Suryandari, Ketua Bawaslu Nunung Ritwanita Priliastuti.

"Proses verifikasi faktual berjalan lancar, semua dicek satu persatu, yang pertama terkait kantor Parpol, domisili dan alat kelengkapan kantor," ucap Candra, Selasa (18/10/2022).

Candra mengatakan setelah pengecekan alamat kantor selesai, dilanjutkan dengan pengecekan kepengurusan dari tingkat kabupaten hingga tingkat RT. Dia mengatakan pihaknya mengecek SK kepengurusan, kemudian mencocokkan pengurus dengan KTP dan KTA parpol.

Selain itu keterwakilan perempuan di kepengurusan Parpol dengan memperhatikan 30 persen keterwakilannya. Dari hasil verifikasi faktual pertama, Partai Buruh Kabupaten Karanganyar dinyatakan memenuhi syarat. (Lim)

Kredit

Bagikan