Pascasarjana UNY-Munster University Jerman Gelar Summer Camp

user
Agusigit 19 Oktober 2022, 21:45 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkolaborasi dengan Münster University Jerman menggelar Summer Camp to Promote Diversity batch 2. Topik utama yang diangkat yaitu tentang urgensi keberagaman serta tantangannya untuk memperkenalkannya ke siswa sekolah.

Summer Camp secara intensif dilaksanakan 3-6 Oktober 2022 di desa Hargotirto, Segajih Kulonprogo yang merupakan desa wisata binaan Pascasarjana UNY. Selain dari Muenster University dan UNY, peserta camp juga berasal dari Universitas Malang. Pada camp ini hadir juga perwakilan Dinas Pariwisata Yogyakarta.

Peserta dilibatkan dalam diskusi dan kegiatan konstruktif untuk membangun kesadaran tentang pentingnya keberagaman dalam pengajaran. Mereka dibimbing oleh dosen dari UNY dan Universitas Münster. Pendalaman tentang keragaman dilakukan tidak hanya dengan tinggal di rumah penduduk selama camp, tetapi juga melalui kegiatan memasak dan membatik.

Kegiatan selanjutnya adalah menerapkan hasil yang sudah di rancang selama intensive camp di beberapa sekolah seperti SMP Tumbuh, SMA Kolese De Britto, SD Muhammadiyah Sapen, SMA Negeri 3 Yogyakarta, dan Sekolah Marjinal.

Sebagai puncak rangkaian kegiatan, pada 12 Oktober 2022 diadakan roundtable and discussion mengundang beberapa pembicara seperti Prof Dr Juliane Stude dan Kordula Stude dari Münster University Jerman. Kemudian ada Dr Murti Bunanta (penulis buku literasi sastra), Nuraini Fatmawati (illustrator buku literasi anak-anak) dan Dr Widyastuti Purbani (perwakilan UNY).

Prof Juliane Stude menyampaikan tentang visi dan misi summer camp dan literasi anak di Jerman. Sedangkan Murti Bunanta menyampaikan materi promosi keberagaman melalui literatur di Indonesia. Metodenya dengan menampilkan beberapa karya tulis seperti buku anak-anak dan koran yang mempromosikan tradisi dan budaya di Indonesia.

Nuraini Fatmawati menjelaskan kriteria yang baik dalam menggambar ilustrasi agar hasilnya tidak bias, sehingga membuat anak-anak menyukai buku. Ditutup dengan penyampaian materi oleh Dr Widyastuti Purbani (perwakilan UNY) tentang Center for Children's Literature and Literacy Education (CCLLE) UNY dan sightseeing ke Museum Affandi dan Candi Prambanan. (Dev)

Kredit

Bagikan