Pelatihan Perencanaan dan Strategi Bisnis Bagi Warga di Desa Wisata Banjaran Guwosari

user
Danar W 27 Oktober 2022, 02:30 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Kegiatan dari Program Matching Fund 2022 Universitas Alma Ata (UAA) di Banjaran Selarong, Watugedug, Guwosari, Pajangan, Bantul dilaksanakan. Kegiatannya adalah mengadakan pelatihan bersama warga sekitar desa wisata Banjaran yang bertemakan “Pelatihan Perencanaan bisnis dan Pelatihan Strategi Bisnis”.

Pelatihan tersebut mencakup dua sesi. Sesi pertama, pelatihan dengan topik “Pelatihan Perencanaan Bisnis” menghadirkan tiga narasumber selaku dosen Universitas Alma Ata yaitu Dhidhin Noer Ady Rahmanto, S.E.I.,M.E, Dunyati Ilmiah, S.E.I., M.E dan Novi Febriyanti, S.E., M.E.

Sementara pada sesi ke dua, pelatihan dengan topik “Pelatihan Strategi Bisnis” menghadirkan dua narasumber yaitu Ridho Satria Harahap, S.I.Kom., M.BA dan Ardy Wibowo, S.S.T., M.B.A selaku dosen Universitas Alma Ata.

Materi yang disampaikan para narasumber dalam pelatihan 'perencanaan bisnis' yaitu perencanaan bisnis penting dilakukan guna mengembangkan suatu usaha atau bisnis. Perencanaan bisnis mencakup tiga prinsip penting yang harus di lakukan yaitu mulai, mental, modal. Prinsip mulai yaitu memulai bisnis dengan niat, kemudian prinsip mental dalam berbisnis jatuh bangun itu biasa dengan demikian kesiapan mental sangat diperlukan dan terakhir prinsip modal yaitu menyiapkan segala keperluan dalam bisnis misalnya dana, pikiran maupun tenaga.

Sedangkan materi yang disampaikan narasumber dalam pelatihan 'strategi bisnis' yaitu konsep strategi bisnis dalam mencapai suatu tujuan dan tahap penerapan strategi bisnis meliputi tiga tahapan. Tahap pertama, Diferesiensi (pembeda produk). Tahap kedua, Bauran Pemasaran meliputi 4P (Price, Product, Promotion dan Plate). Dan tahap ketiga, Menjaga Hubungan Jangka Panjang (loyalitas).

Pelatihan tentang perencanaan dan strategi bisnis bertujuan memberikan pengetahuan baru tentang perencanaan dan strategi bisnis bagi warga sekitar Desa Wisata Banjaran dalam membangun Dusun Banjaran, Desa Guwosari yang memiliki potensi di bidang Wisata Edukasi, Sejarah dan Budaya, yang diharapkan Banjaran akan dikenal oleh masyarakat baik lokal maupun Nasional. Perencanaan bisnis di desa wisata memiliki peluang yang cukup besar namun problematika yang ada seperti pendanaan dan sumber daya manusia yang profesional sangat dibutuhkan guna melancarkan akses pemasaran yang lebih luas.

Pelatihan ini dapat menjadi solusi serta inovasi-inovasi terbaru untuk lebih menguatkan perencanaan dan strategi dalam menjalankan usaha ataupun bisnis yang dikelola oleh masyarakat disekitar Dusun Banjaran, Desa Guwosari serta mengedukasi masyarakat bagi pemula bisnis.(*)

Kredit

Bagikan