63 Anggota Panwascam Pemilu Serentak 2024 Dilantik

user
Ivan Aditya 29 Oktober 2022, 12:19 WIB
untitled

Krjogja.com - MAGELANG - Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Sholeh melantik 63 Anggota Panwascam Pemilu serentak 2024. Sebanyak 63 anggota Panwascam Pemilu serentak 2024 tersebut langsung mendapat pembekalan terkait pengawasan yang menjadi tugasnya.

Selain itu ke 36 panwascam Pemilu serentak 2024 itu melakukan pleno untuk masing-masing kecamatan untuk memilih ketua dan pembagian per divisi. Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Sholeh mengatakan pelantikan anggota berjumlah 63 Panwascam untuk Pemilu Serentak 2024 terpilih merupakan hasil seleksi yang sangat ketat.

"Ada 632 pendaftar hingga kemudian terpilih 63 dengan masing-masing 3 komisioner per kecamatan," kata dia.

Habib menekankan bahwa anggota Panwascam sekarang ini telah menjadi public figure maka harus bersikap sebagai pejabat publik karena dilihat semua orang, baik tutur kata, kebijakan maupun saat bertugas dan harus menjaga integritas, profesionalisme dan loyalitas.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri mewakili Bupati Temanggung mengatakan Panwascam yang dilantik harus bisa melaksanakan fungsi dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya. "Panwascam harus pedomani regulasi terutama Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," kata Asfuri.

Menurutnya, selaras dengan hal tersebut, ada beberapa tugas penting Panwaslu selama Pemilu yaitu mengawal pemilihan di tingkat Desa/Kelurahan seperti pemutakhiran data pemilih, pengawasan verifikasi faktual calon perseorangan, memantau pelaksanaan kampanye hingga perlengkapan dan pendistribusian alat pemungutan suara.

"Kami berharap semua petugas baik Bawaslu dan mitra bisa bersinergi sesuai aturan yang berlaku guna memaksimalkan proses Pemilu di Kabupaten Magelang," kata dia. (Osy)

Kredit

Bagikan