Kemkominfo Ajak Anak Muda Papua dan Yogyakarta Kolaborasi Kreatif untuk Bangsa

user
Ivan Aditya 30 Oktober 2022, 12:50 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali menyelenggarakan Workshop Video Kreatif “Bengkel Digital Teras Negeriku” bertema Kolaborasi Anak Negeri: Papua X Yogyakarta, Kamis 27 Oktober 2022 di Provinsi DI Yogyakarta. Kali ini, workshop yang diselenggarakan dalam rangka mengoptimalkan potensi generasi muda Papua itu menggandeng anak-anak muda Papua yang tengah menuntut ilmu di kota pelajar tersebut.

Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Kominfo, Dikdik Sadaka, mengatakan Kemkominfo saat ini terus fokus membangun dan meningkatkan intelektual dan skill pemuda pemudi Papua. “Melalui kegiatan ini kita berharap agar generasi Papua termotivasi untuk memberikan kemajuan bagi dirinya maupun bagi daerahnya,” kata Dikdik.

Dikdik menjelaskan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal kepada anak muda Papua terkait kehidupan masa kini yang sudah memasuki era digital. “Infrastruktur di papua sudah mulai disiapkan. Manusianya yang merupakan unsur utama dari suatu kemajuan, tentu harus dibekali juga. Karena digitalisasi bisa memberikan dampak positif dan juga dampak negatif,” ujarnya.

Program Bengkel Digital Teras Negeriku merupakan satu rangkaian program pembekalan tentang pentingnya personal branding khususnya melalui konten positif di media sosial yang ditargetkan untuk anak muda Papua di seluruh Indonesia. “Beberapa kota di Indonesia sudah didatangi. Menjelang akhir tahun, program ini ditujukan kepada mahasiswa Papua yang ada di Pulau Jawa. Anak muda Papua harus maju,” ungkap Dikdik. Diharapkannya, ketika generasi muda Papua yang tengah menimba ilmu di daerah lain ini kembali ke daerah asalnya, dapat menjadi inspirator dan motivator untuk kemajuan masyarakat Papua.

Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo ini mengusung format workshop produksi konten video pendek di media sosial. Workshop ini menghadirkan narasumber berpengalaman dalam kreatifitas membuat konten pada platform Tiktok maupun IG Reels.

Influencer muda asal Papua, Jeni Karay dan Influencer muda asal Yogyakarta, Dianita Sari dihadirkan untuk mengupas secara mendalam tentang personal branding dan menciptakan konten positif di media sosial. Selain itu, para peserta juga ditantang untuk langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan mengikuti lomba membuat konten Tiktok dan Instagram Reels kreatif. (*)

Kredit

Bagikan