KSPSI Bantul Menolak Kenaikan Harga BBM

user
Danar W 17 Oktober 2022, 08:40 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - DPC KSPSI Bantul yang memiliki sekretariat di PT Samitex Sewon Jalan Bantul Km 3,8 Panggungharjo Sewon Bantul merupakan Konfederasi yang merupakan gabungan dari Federasi-Federasi Serikat Pekerja Anggota berdasarkan kelompok Industri barang dan jasa. Organisasi ini bertujuan sebagai penyambung aspirasi para pekerja yang bekerja di beberapa perusahaan di Bantul.

KSPSI merupakan kelanjutan dari FBSI yang didirikan tanggal 20 Februari 1973, untuk waktu yang tidak ditentukan. KSPSI bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.

"Bahwa pemerintah telah menaikkan harga BBM karena dipicu oleh semakin besarnya beban subsidi dan ketidaktepatan sasaran pemberian subsidi BBM. Terkait dengan kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM tersebut, DPC KSPSI Bantul menyatakan sikap menolak kenaikan harga BBM. Kenaikan BBM dinilai akan menurunkan daya beli masyarakat yang sekarang ini sudah turun 30 persen," ujar Ketua DPC KSPI Bantul Fardhanatun yang ditemui media, Sabtu (8/10/2022).

Dengan dinaikkannya harga BBM, maka daya beli akan turun lagi menjadi 50 persen. Di sisi lain, upah buruh tidak naik dalam 3 tahun terakhir. Bahkan Menteri Ketenagakerjaan sudah mengumumkan bahwa pemerintah dalam menghitung kenaikan UMK 2023 kembali menggunakan PP 36 / 2021.

"Namun demikian DPC KSPSI Bantul tidak akan menempuh cara-cara unjuk rasa turun ke jalan namun memilih untuk melalui jalur membuka komunikasi dengan pemerintah dalam hal ini Disnakertrans Bantul," pungkas Fadhanatun.

Kredit

Bagikan